MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PENGKONDISIAN AVERSI DI MTS N 1 KUDUS

ZULIYANTI, - (2015) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PENGKONDISIAN AVERSI DI MTS N 1 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti dalam melaksankan layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 2. Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 3. Terdapat peningkatan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah setelah di berikan layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas sekolah adalah kesadaran tingkah laku siswa serta melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pelajar. Layanan PKO dengan teknik pengkondisian aversi adalah layanan yang di berikan kepada siswa agar dapat menguasai kemampuan konten tersebut melalui kegiatan belajar menggunakan teknik pengkondisian aversi yakni pemberian contoh positif secara langsung. Hipotesis penelitian ini meliputi:1.Keterampilan peneliti dalam melaksankan layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 2. Aktivitas siswa dalam mengikuti layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 3. Melalui Layanan Penguasaan Konten denagan Teknik Pengkondisian Aversi dapat Meningkatkan Tanggung Jwab Siswa dalam Mengerjakan Tugas di Sekolah Pada Siswa MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan PTK-BK. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs N 1 Kudus kelas VII F yang berjumlah 37 siswa. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi (variabel bebas) dan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di Sekolah (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi pada penerapan high touch siklus I memperoleh skor 62 (C) dan siklus II memperoleh skor 79 (B), kemudian pada penerapan high tech siklus I memperoleh skor 62 (C) dan pada siklus II memperoleh skor 79 (B). Pada aktivitas siswa dalam mengikuti layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisianaversi pada siklus I memperoleh skor rata-rata 28 dengan persentase 57% (C) dan pada siklus II meperoleh skor rata-rata 41 dengan persentase 78% (B). Dan berdasarkan hasil penelitian pra siklus tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah memperoleh skor rata-rata 22 dengan persentase 45% (K), pada siklus I memperoleh skor rata-rata 27 dengan persentase 54% dalam ketegori cukup dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 39 dengan persentase 78% (B). Peningkatan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah melalui layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi dari pra siklus dengan skor rata-rata 22 dan persentase 45% (K) ke siklus II dengan skor rata-rata 39 dan persentase 78% (B). Terjadi peningkatan 17 skor dengan persentase 33%. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data yang dilakukan pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus tahun ajaran 2014/2015 hipotesis yang berbunyi “1) Pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Aktivitas siswa dalam mengikuti layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah pada siswa kelas VII F MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 3) Melalui Layanan Penguasaan Konten denagan Teknik Pengkondisian Aversi dapat Meningkatkan Tanggung Jwab Siswa dalam mengerjakan Tugas di Sekolah Pada Siswa MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” diterima karena memenuhi kriteria keberhasilan. Di sarankan kepada: 1. kepala sekolah, diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, terutama dalam bidang pelayanan bimbingan dan konseling untuk pengembangan diri peserta didik guna peningkatan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah, 2. Kepada siswa, siswa terbantu dalam meningkatkan tanggung jawabnya dalam mengerjakan tugas di sekolah dengan baik, menguunakan teknik pengkondisian aversi yng di berikan oleh guru pembimbing, 3. Kepada guru pembimbing, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan materi tentang bagaimana cara meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas di sekolah dengan menggunakan layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi danmembimbing secara perorangan bagi siswa yang belum mencapai indikator keberhasilan melalui konseling kelompok atau konseling individu.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab siswa. Layanan penguasaan konten dengan teknik pengkondisian aversi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 08:13
Last Modified: 10 Sep 2015 08:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item