PENERAPAN PENDEKATAN PMRI UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD 1 JATI WETAN KUDUS

Rubiah, - (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD 1 JATI WETAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Download (631kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (673kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (638kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (269kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik dan keterampilan guru, dengan menerapkan pendekatan PMRI materi Pecahan pada siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus. Hasil belajar yang dimaksud di dalam penelitian ini yakni pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, tidak sekedar menghafalkan saja tetapi benar-benar memahami materi. Sedangkan pendekatan pembelajaran PMRI adalah pendekatan yang mengasah cara berfikir siswa untuk menemukan konsep materi yang sedang dipelajari, dengan titik awal penggunaan konteks yang sering ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan terjadi peningkatan keterampilan guru di dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan PMRI, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar dan keterampilan guru materi pecahan. Siklus I hasil belajar matematika siswa ranah kognitif pada siklus I 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 83%. Hasil belajar matematika ranah afektif siswa siklus I mencapai persentase 82% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 88% (sangat baik). Hasil belajar matematika ranah psikomotorik siswa siklus I 81% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 88% (sangat baik). Keterampilan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 84% (baik) dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 95% (sangat baik). Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus tahun 2015/2016 dan keterampilan pembelajaran guru. Untuk itu disarankan dalam menerapkapendekatan PMRI, guru hendaknya menghubungkan atau mengkonstruksi materi dengan dunia nyata siswa. Agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berdampak pada hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMRI, Peningkatan Pembelajaran, Materi Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 11 Sep 2015 06:17
Last Modified: 11 Sep 2015 06:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item