Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi

Jannah, Nur (2015) Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (530kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (554kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (632kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (544kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (405kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SDN 1 Menganti Kedung Jepara. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada siswa secara nyata setelah dilaksanakan proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pengajaran. Model pembelajaran Snowball Throwing adalah pembelajaran yang berisikan pengetahuan secara umum dengan menggunakan media permainan yang dimana segumpalan salju dilempar untuk menunjuk siswa yang diharuskan menjawab soal yang terdapat pada segumpulan salju yang dibuat sendiri oleh siswa berdasarkan materi yang disampaikan guru pada masing-masing ketua kelompok dengan tujuan agar siswa lebih memahami materi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SDN 1 Menganti Kedung Jepara. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Menganti Kedung Jepara dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Snowball Throwing Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, lembar observasi, lembar aktivitas siswa, lembar tes dan lembar angket. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan pada ketuntasan nilai hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi antara siklus I (56,52%) dan siklus II (86,95%), di dukung dengn peningkatan aktivitas belajar IPS siswa pada siklus I 64,67% (baik) menjadi siklus II 73,86% (baik). Pengelolaan pembelajaran model Snowball Throwing juga mengalami peningkatan pada siklus I 55,62% (cukup) menjadi siklus II 85% (sangat baik). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pekembangan teknologi produksi, komunikasi, dan ransportasi siswa kelas IV SDN 1 Menganti Kedung Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 1 Menganti Kedung Jepara dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi siswa kelas IV SDN 1 Menganti Kedung Jepara. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing, guru harus memberi pertanyaan yang beragam untuk mendorong keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapatnya serta guru lebih inovatif dalam menggunakan alat peraga yang menarik perhatian siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 11 Sep 2015 06:26
Last Modified: 11 Sep 2015 06:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item