Khofah, Noor (2012) Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (342kB) |
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (26kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil obsevasi awal di SMK Negeri 1 Kudus, peneliti mendapatkan data bahwa sebagian besar siswa kelas XI PM 2 belum mempunyai konsep diri yang positif. Gejala yang nampak yaitu masih adanya siswa yang terlambat datang ke sekolah, adanya siswa yang memiliki perasaan minder/rendah diri, suka menyontek, hasil prestasi belajar yang rendah, dan adanya siswa yang mempunyai perasaan tidak mampu melaksanakan tugas. Siswa yang demikian itu dapat dikatakan memiliki konsep diri yang negatif, sehingga perlu upaya untuk peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalahnya: 1) Bagaimanakah meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012?. Dan 2) Bagaimanakah upaya meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian: diketahuinya tingkat konsep diri positif siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012 dan diperolehnya peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaan penelitian secara teoritis: salah satu bahan acuan penelitian di bidang bimbingan dan konseling, kajian untuk penulisan ilmiah berkenaan dengan topik layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif dan tambahan khasanah pengetahuan khususnya di bidang bimbingan dan konseling tentang upaya bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. Sedangkan kegunaan praktis memberikan informasi kepada: 1) Konselor tentang upaya layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 2) Kepala Sekolah, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk mendukung program pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 3) Siswa, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dapat digunakan alternatif bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri positif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak dua siklus, setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah; variabel X (layanan bimbingan kelompok) sedangkan variabel Y (konsep diri positif).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., 2. Dr. Sukiman, M.Pd. |
Kata Kunci: | Konsep Diri Positif; Bimbingan Kelompok. |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia. Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 02:11 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 02:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/474 |
Actions (login required)
View Item |