Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Terhadap Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama

MUNFAATUN , KURNIAWATI (2015) Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Terhadap Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (6MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (6MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (6MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Interaksi sosial merupakan suatu hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok sehingga terjadi saling berkomunikasi dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain. Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada individu dalam format kelompok yang diharapkan dapat menambah pemahaman, pengembangan ketrampilan dan wawasan yang berkaitan dengan biang pribadi, sosial belajar dan karier yang bermanfaat untuk anggota kelompok. Sosiodrama merupakan teknik layanan bimbingan dan kenseling yang dilaksanakan dalam format kelompok bertujuan untuk membimbing siswa dengan cara mengembangkan ketrampilan, penghayatan terhadap suatu masalah yang dilaksanakan dalam suatu permainan peran. Hipotesis tindakan: layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan interkasi sosial teradap teman sebaya siswa kelas X-A SMA Islan Tuan Sokolangu Gabus Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan mendiskripsi peningkatan interaksi sosial terhadap teman sebaya, sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Sosiodrama terhadap siswa kelas X-A di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus Tahun 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa dari kelas X-A sebanyak 8 siswa yang yang memiliki interaksi sosial terhadap teman sebaya masih rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap satu pertemuan membagassatu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Interaksi Sosial terhadap Teman Sebaya menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata skor 21,2. Siklus I Interaksi Sosial terhadap Teman Sebaya mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 26,4 yang berarti yang berarti mengalami peningkatan rata-rata 5,2 dari pra siklus. Siklus II Interaksi Sosial terhadap Teman Sebaya dalam kategori baik dengan rata-rata skor 35,3 yang berarti ada peningkatan 28,17%. Peningkatan aktivitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 51,63 kategori kurang dan pada siklus II skor rata-rata 73,03 kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Interaksi Sosial terhadap Teman Sebaya mulai dari pra siklus skor rata-rata 21,2 kategori kurang, Siklus I skor rata-rata 26,4 dalam kategori cukup dan Siklus II skor rata-rata 35,3 dalam kategori baik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I skor rata-rata 51,63 (Kurang) dan pada siklus II skor rata-rata 73,03 (Baik). Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan Interaksi Sosial Terhadap Teman Sebaya. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan penyusunan kebijakan sekolah agar memberikan dukungan melalui kebijakan kepada Guru BK sekolah dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling terutama permasalahan sosial siswa terhadap teman sebaya. 2. Kepada Guru BK agar meningkatkan pelaksanaan program bimbingan dan konseling dengan menggunakan layanan serta teknik yang sesuai dan variatif pada saat melaksanakan bimbingan kelompok. 3. Kepada siswa agar bersikap terbuka terhadap teman sebaya di kelas dan Guru BK di sekolah berkaiatan dengan permasalahan sosial yang dihadapi agar memperoleh bimbingan dan konseling bidang pribadi,sosial dan belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs, Susilo Rahardjo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Bimbingan Kelompok, Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 02:46
Last Modified: 12 Sep 2015 02:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4764

Actions (login required)

View Item View Item