PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN SUBTEMA PAHLAWANKU KEBANGGAANKU MUATAN BAHASA INDONESIA DAN IPS KELAS IV SD 02 KAJAR

Rohmah, Miftakhur (2015) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN SUBTEMA PAHLAWANKU KEBANGGAANKU MUATAN BAHASA INDONESIA DAN IPS KELAS IV SD 02 KAJAR. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (435kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (411kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (358kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (265kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaranMind Mappingdanmenemukanpeningkatan proses pembelajaransiswapadasubtemaPahlawankuKebanggaankumuatanbahasa Indonesia dan IPS padasiswakelas IV SD 02 Kajar. Proses pembelajaranmerupakan proses yang kompleks, yang terdiriatasfungsidanbagian-bagian yang salingberhubungansatusama lain sertadiselenggarakansecaralogisuntukmencapaikeberhasilanbelajar. Mind Mappingadalahsuatujenis model pembelajaran yang mengajaksiswabekerjasamamencatatkembaliinformasi yang didapatdalambentukmind mappingdenganpenuhkreativitassehinggamenarikdanbermaknabagisiswa. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SD 02 Kajardengansubjekpenelitian 28 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model mind mapping. Sedangkanvariabelterikatadalah proses pembelajaransubtemapahlawankukebanggaankumuatanbahasa Indonesia dan IPS. Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kuantitatifdandeskriptifkualitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatan proses pembelajaranpadasubtemapahlawankukebanggaankumuatanbahasa Indonesia dan IPS yang cukupsignifikan, terbuktidenganketerampilanmengajar guru padasiklus I memperolehskor rata-rata 138,33denganpersentase 76,85% danpadasiklus II meningkatmenjadi 163,33 denganpersentase 90,73%.Hasilbelajarsiswapadaranahkognitif, afektif, psikomotorikdansosialsubtemapahlawankukebanggaankumuatanbahasa Indonesia dan IPS denganmenerapkan model mind mappingjugamengalamipeningkatan. Hasilbelajarsiswaranahkognitifpadasiklus I muatan IPS mendapatkanpersentaseketuntasanklasikal 93%, muatanbahasa Indonesia mendapatkanpersentaseketuntasanklasikal 53,57% danpadasiklus II muatan IPS mendapatkanpersentaseketuntasanklasikal 100% danmuatanbahasaIndonesia mendapatkanpersentaseketuntasanklasikal 89%. Hasilpenilaianpadaranahafektifsiswasiklus Imemperoleh rata-rata skorklasikal 381 denganpersentaseklasikal 68,03% dansiklus II memperolehrata-rata skorklasikal 446,33 denganpersentaseklasikal 79,70%.Hasilpenilaianpembelajaranpadaranahpsikomotoriksiswasiklus I memperolehrata-rata skorklasikal 307,66 denganpersentaseklasikal 68,67% dansiklus II memperoleh rata-rata skorklasikal 379 denganpersentaseklasikal 84,59%.Hasilpenilaianpadaranahsosialsiswasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 232,66denganpersentaseklasikalsebanyak 69,24% dansiklus II memperolehrata-rata skorklasikal 290,33 denganpersentaseklasikal 86,4%. Hal itumembuktikanbahwapenerapan model mind mappingdapatmeningkatkan proses pembelajaransubtemapahlawankukebanggaankumuatanbahasa Indonesia dan IPS kelas IV SD 02 Kajar. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 02 Kajardapatdisimpulkanbahwapenerapan model mind mappingdapatmeningkatkan proses pembelajaransubtemapahlawankukebanggaankumuatanbahasa Indonesia dan IPS kelas IV SD 02 Kajar. Untukitudisarankandalammenerapkan model mind mapping, guru harusmemberipertanyaan-pertanyaan yang mengarahpadapenemuankonsep agar siswadapatmengembangkandayaberpikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Proses Pembelajaran, PahlawankuKebanggaankumuatanbahasa Indonesia dan IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 03:10
Last Modified: 12 Sep 2015 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item