Upaya Meningkatkan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Melalui Layannan Informasi Berbasis Web Pada Siswa Smk Nu Ma’arif Kudus Tahun 2014/2105

WAHYU ARDIANI, DEVY (2015) Upaya Meningkatkan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Melalui Layannan Informasi Berbasis Web Pada Siswa Smk Nu Ma’arif Kudus Tahun 2014/2105. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (118kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (420kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (516kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (716kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan suatu bangsa dan negara. Di negara berkembang, pendidikan menjadi tumpuan utama dalam memajukan dan mensejahterakan bangsa. Tujuan penelitian: 1. Mendiskripsikan peningkatan kesiapan memasuki dunia kerja sebelum dan sesudah mendapatkan layanan informasi di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Diperolehnya besar peningkatan kesiapan memasuki dunia kerja sesudah mendapatkan layanan informasi di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Kesiapan memasuki dunia kerja adalah sebagai kegiatan untuk melakukan sesuatu yang dilakukan atau diperbuat dan sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah, mata pencaharian atau kondisi seseorang untuk mempraktekkan suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan tenaga dalam usaha untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu dan memperoleh gaji atau upah. Layanan informasi dalam penelitian bermaksud untuk memberikan pengetahuan bagi siswa kesiapan memasuki dunia kerja melalui layanan informasi berbasis Web di SMK NU Ma’arif Kudus. Hipotesis penelitian: Layanan informasi berbasis web dapat meningkatkan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa SMK NU Ma”arif Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Variabel penelitian terdiri dari: Variabel X (Layanan informasi berbasis Web) dan Variabel Y (Kesiapan memasuki dunia kerja). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh data dari 38 siswa yang menjadi subjek penelitian, pada pra siklus diketahui 16 siswa dalam klasifikasi kurang dan 22 siswa dalam klasifikasi sangat kurang. Jumlah skor rata-rata 17,18 dengan rata-rata persentase 34% dalam kategori kurang. Siklus I diketahui ada 31 siswa skor rata-rata 82% dalam kategori cukup dan 7 siswa skor rata-rata 18% dalam kategori baik. Siklus II diperoleh keterangan bahwa ada 9 siswa skor rata-rata 24% dengan kategori baik dan 29 siswa skor rata-rata 76% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan layanan informasi berbasis web dapat meningkatkan kesiapan memasuki dunia kerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan informasi, dan memfasilitasi Guru BK untuk dapat menigkatkan kualitas layanan yang akan diberikan. 2. Wali kelas dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuhan terhadap perhatian yang diberikan oleh kepada peserta didik agar memonitoring dan memfasilitasi peserta didik supaya mampu meningkatkan kesiapan yang dimiliki dalam memasuki dunia kerja. 3. Diharapkan konselor dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan informasi. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan dalam belajar serta meningkatkan kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja. 4. Siswa menyadari pentingya mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja, dan mengenali potensi diri, bakat dan minat yang dijadikan acuan sebagai pertimbangan dalam memilih jenis pekerjaan yang akan digeluti. 5. Diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengembangkan penelitian yang selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian sebagai tambahan pengetahuan serta referensi terutama yang berkaitan dengan kesiapan siswa memasuki dunia kerja melalui layanan informasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sutarti,SE,MM.
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Dunia Kerja, Layanan Informasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 03:41
Last Modified: 12 Sep 2015 03:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4782

Actions (login required)

View Item View Item