PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL JIGSAW MATERI PERMASALAHAN SOSIAL KELAS IV SDN 1 BANYUPUTIH KALINYAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015

MUFLIHATIN, NALA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL JIGSAW MATERI PERMASALAHAN SOSIAL KELAS IV SDN 1 BANYUPUTIH KALINYAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (594kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (208kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaran IPS materipermasalahansosialdenganmenerapkan model pembelajaranjigsawdanmendeskripsikanpeningkatanketerampilan guru dalampembelajaran IPS kelas IV SDN 1 BanyuputihJepara, denganmenerapkan model pembelajaranjigsaw. Hasilbelajar IPS merupakanhasilkompetensi yang dicapaiolehsiswaselamamengikuti proses pembelajaran IPS.Hasilbelajar yang diperolehsiswasetelahpembelajaranmeliputiaspekkognitif, afektifdanpsikomotorik. Modeljigsaw (timahli) adalah model pembelajarankooperatif yang dalampelaksanaanyaterdapatkelompokasaldantimahli. Setiapsiswadalamkelompokasalselanjutnyaberperansebagaiahlidanbertanggungjawabterhadaptugas yang diberikan.Setiapanggotakelompokmembacasubbab yang ditugaskandanbertanggungjawabuntukmempelajaribagian yang diberikanitu yang didiskusikandalamtimahli, kemudianmemberikaninformasihasildiskusikelompokahlikepadakelompokasal. Jadi, setiapsiswadiharuskanuntukmenguasaitugas yang diperolehnya, sehinggatidakadasiswa yang pasifsemuasalingbekerjasamadanaktifdalam proses pembelajaran. Penelitiantindakankelasiniakandilaksanakan di kelas IV SDN 1 BanyuputihKalinyamatanJeparadengansubjekpenelitian 20 siswa. Penelitianiniberlangsungduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasnyaadalah model jigsaw.Sedangkanvariabelterikatdalampenelitianiniadalahhasilbelajar IPS.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisisdata kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanpenerapan model pembelajaranjigsaw padapembelajaranIPS, dapat (1) meningkatkanhasilbelajarsiswaranahkognitif, padaprasiklusmenunjukkannilai rata-rata 57,5denganketuntasanklasikal55%, siklus I menunjukkan rata-rata nilaisebesar66,75denganketuntasanklasikal65%, padasiklus II hasilbelajarIPSsiswamenunjukkanpeningkatandengan rata-rata nilaisebesar 73,25 danketuntasanklasikal 85%. Meningkatkanhasilbelajarranahafektifmenunjukkanpadasiklus I memperoleh rata-rata 70%, siklus II memperoleh rata-rata 72%.Meningkatkanhasilbelajarranahpsikomotorikmenunjukkanpadasiklus I memperoleh rata-rata 77%, siklus II memperoleh rata-rata 80%. (2) hasilpengamatanketerampialanmengajarguru padasiklus I mendapatpersentasesebesar 69% dengankriteria“baik”danmeningkatpadasiklus II menjadi 87% dengankriteria“sangatbaik”. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SDN 1 BanyuputihKalinyamatanJeparatahunajaran2014/2015 dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model jigsaw dapatmeningkatkanhasilbelajar IPS padamateripermasalahansosialdanketerampilanmengajarguru. Adapun saran yang diberikanuntuksiswayaitusiswahendaknyamengikutipembelajaranlebihaktifdanmemperhatikanpenjelasan guru agar hasilbelajarsiswameningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Ika Oktavianti,S.Pd.M.Pd
Uncontrolled Keywords: HasilBelajar, Jigsaw, PermasalahanSosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 04:01
Last Modified: 12 Sep 2015 04:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item