PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU MUATAN SBDP DAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Wahyu Widhi Astuti, Novieta (2015) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU MUATAN SBDP DAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (544kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (501kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (523kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (114kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah baik pengetahuan, keterampilan dan sikap. Guru sudah menggunakan kurikulum 2013, tetapi dengan cara mengajar yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Sehingga siswa cenderung bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan model pembelajaran yang mengedepankan keaktifan siswa yaitu Model Project Based Learning. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Model Project Based Learning dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap pada subtema aku dan cita-citaku muatan SBdP dan Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Puri 02 Pati. Hasil belajar adalah hasil belajar adalah sesuatu yang dihasilkan setelah adanya proses belajar yang dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa serta keberhasilan pembelajaran yang meliputi 4 aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek yang dihasilkan atau dibuat oleh siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Puri 02 Pati dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 4 pertemuan, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah Model Project Based Learning. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar Subtema Aku dan Cita-Citaku yang cukup signifikan antara siklus I (93,75%) dan siklus II (96,88%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar pada siklus I sebesar 19% yang mendapatkan predikat sangat baik menjadi 34% yang mendapatkan predikat sangat baik pada siklus II. Peningkatan pembelajaran model Project Based Learning juga mengalami peningkatan pada siklus I 83,54% dengan kategori baik menjadi 85% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pembelajaran subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SDN Puri 02 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Puri 02 Pati dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SDN Puri 02 Pati. Untuk disarankan dalam menerapkan model Project Based Learning, guru harus menentukan proyek yang akan dibuat siswa sesuai dengan materi dan menjelaskan secara lengkap serta rinci kepada siswa agar siswa paham dan dapat berkreativitas dalam pembuatan proyek.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :nurFajrie,S.Pd,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar, Subtema Aku dan Cita-Citaku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 04:13
Last Modified: 12 Sep 2015 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4791

Actions (login required)

View Item View Item