NOVARIANI AWWALIA, AFIDHA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN REJOSARI 1. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Preview |
PDF (Hal.Judul)
DRAFT.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (159kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan diterapkannya model Numbered Head Together pada siswa kelas IV SDN Rejosari 1. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Kajian materinya adalah perkembangan teknologi yaitu alat yang dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengubah sesuatu yang ada disekitarnya. Model Numbered Head Together atau penomoran berpikir bersama merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 19 siswa kelas IV SDN Rejosari 1. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar soal, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 69,44% (baik), siklus II 79,86% (baik) dan hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi pada ranah kognitif pra siklus (47,37%), siklus I (57,89%), siklus II menjadi (84,21%) serta hasil belajar ranah afektif siklus I 63,95% (baik) menjadi 74,60% (baik) pada siklus II, hasil belajar ranah psikomotorik siklus I 65,57% (baik) menjadi (74,12%) (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Rejosari 1 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SDN Rejosari 1. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together, siswa hendaknya lebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing :Dr.Murtono,M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil belajar IPS, Perkembangan Teknologi, Numbered Head Together |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 12 Sep 2015 04:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2015 04:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4796 |
Actions (login required)
View Item |