Mereduksi Temperamen Kholerik Siswa Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas X-10 Sma N 1 Jekulo Kudus

SUHARTI, TUTUT (2015) Mereduksi Temperamen Kholerik Siswa Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas X-10 Sma N 1 Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (574kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (507kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (186kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (195kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan temperamen kholerik siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama pada siswa kelasX-10 SMA N 1 Jekulo Kudus. 2. Diperolehnya peningkatan dalam mereduksi temperamen kholerik sesudah mendapat layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama pada siswa kelas X-10 SMA N 1 Jekulo Kudus tahun 2015. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan teoritis, untuk menambah dan memperkaya wawasan, pengetahuan dan dapat mengembangkan khasanah ilmu pengetahuan dalam bimbingan dan konseling, khususnya mengenai layanan konseling kelompok teknik psikodrama mengenai temperamen kholerik siswa. 2. Kegunaan praktis, 2.1 Bagi Siswa, memperoleh wawasan tentang pentingnya mereduksi temperamen kholerik pada dirinya agar menjadi pribadi yang lebih baik. 2.2 Bagi Peneliti, mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya. 2.3 Bagi Konselor, memberikan alternative dalam mengarahkan siswa untuk dapat dijadikan. Penelitian ini membahas tentang temperamen kholerik dan layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama. Adapun hipotesis dalam penelitian ini berbunyi “Layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama dapat mereduksi temperamen kholerik siswa kelas X-10 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun 2014/2015.” Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian berjumlah 9 siswa yang memiliki temperamen yang tinggi. Variabel penelitian: layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama (variabel bebas) dan temperamen kholerik (variabel terikat). Metode pengumpulan data yang digunakan: metode observasi dan wawancara sebagai pendukung. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dilakukan tindakan layanan konseling kelompok teknik psikodrama pada pra siklus, 9 siswa memperoleh rata-rata skor 41,44 = 82,9% (Sering Sekali). Setelah diberikan layanan konseling kelompok oleh peneliti pada siklus I, temperamen kholerik 9 siswa memperoleh rata-rata skor 36,22 = 72,44% (Sering). Sedangkan pada siklus II, 9 siswa memperoleh rata-rata skor 19,59 = 39,19% (Jarang). Pada siklus I sampai siklus II, terjadi peningkatan dalam mereduksi 33,19%. Perolehan tersebut menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama dapat mereduksi temperamen kholerik siswa kelas X-10 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun 2015. Hasil pembahasan dan analisis peneliti menyimpulkan sebagai berikut: melalui layanan konseling kelompok pada awal sebelum layanan, siklus I, dan siklus II dapat mereduksi temperamen kholerik siswa SMA N 1 Jekulo Kudus. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama dapat mereduksi temperamen kholerik siswa kelas X-10 SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun 2015” dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Setelah melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Kepala Sekolah, Kepala sekolah dapat meningkatkan kebijaksanaan yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dengan menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar penentuan kebijakan pemberian layanan bimbingan dan konseling terutama layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama. 2. Bagi Konselor, dapat memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk dapat dijadikan salah satu sumber belajar dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa untuk mengatasi permasalahan terutama yang berkaitan dengan temperamen kholerik siswa, konselor dapat menggunakan konseling kelompok dengan teknik psikodrama. 3. Peneliti berikutnya, diharapkan dapat menetapkan kebijakan tentang perlunya kerjasama dengan Konselor untuk menyelenggarakan kegiatan yang bersifat mendukung siswa dalam mereduksi temperamen kholerik dengan memperluas aspek kajian penelitian. 4. Siswa, diharapkan siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah seperti layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama untuk membantu mereka dalam memecahkan atau menyelesakan permasalahan yang dialami siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H.Sucipto, M.Pd,Kons
Uncontrolled Keywords: Temperamen Kholerik, Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Nov 2015 07:24
Last Modified: 09 Nov 2015 07:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item