Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Laba Ditahan Dan Dividen Terhadap Rentabilitas Ekonomi

MARTINO, ADAM (2015) Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Laba Ditahan Dan Dividen Terhadap Rentabilitas Ekonomi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (563kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (372kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (341kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (416kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (314kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (488kB) | Request a copy
Official URL: http:/eprints.umk.ac.id

Abstrak

Masalah rentabilitas adalah hal yang penting bagi perusahaan dari pada masalah laba. Karena laba yang besar saja belumlah merupakan ukuran bahwa perusahaan itu telah bekerja dengan efisien. Efisiensi baru dapat diketahui dengan membandingkan laba yang diperoleh dengan kekayaan atau modal yang menghasilkan laba tersebut, atau dengan kata lain menghitung rentabilitasnya. Maka yang harus diperhatikan oleh perusahaan ialah tidak hanya bagaimana usaha untuk memperbesar laba, tetapi yang lebih penting ialah mempertinggi rentabilitasnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis atau menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, ukuran perusahaan, laba ditahan dan deviden terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan makanan dan minuman terdaftar di BEI. Sampel penelitian berjumlah 12 perusahaan dengan sub sampel sebanyak 48 laporan keuangan. Pengamatan dilakukan selama empat tahun yaitu 2010-2013. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik normalitas data dan pengujian hipotesis dengan analisis regresi. Hasil uji statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata rentabilitas ekonomi perusahaan makanan dan minuman 17,78. Hal ini berarti tingkat rentabilitas ekonomi perusahaan makanan dan minuman tergolong rendah, ini disebabkan perusahaan makanan dan minuman bersifat padat karya. Berdasarkan uji asumsi klasik, semua uji asumsi klasik terpenuhi Berdasarkan dari hasil analisis regresi diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel bebas terhadap rentabilitas ekonomi adalah sebesar 19,3%. Diketahui bahwa tingkat pertumbuhan penjualan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap rentabilitas ekonomi, struktur aktiva dan laba ditahan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap rentabilitas ekonomi, sedangkan ukuran perusahaan dan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap rentabilitas ekonomi

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Ashari, SE,Ak,CA,CPA
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, ukuran perusahaan, laba ditahan, dividen dan rentabilitas ekonomi
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 16 Nov 2015 08:03
Last Modified: 16 Nov 2015 08:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item