Jannah, Miftahul (2012) Keefektivan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas XI MA Al-Haromain Rajekwesi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
PDF (Hal. Judul)
Cover.pdf - Accepted Version Download (400kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version Download (103kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
Presentasi_Ujian_Skripsi_Mitha.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas XI MA Al-Haromain mempunyai konsep diri negatif seperti, siswa sering mengeluh ketika diberi tugas oleh guru, merasa pesimis atau tidak mampu apabila disuruh untuk mengerjakan tugas tertentu, merasa malu dan tidak yakin terhadap dirinya, serta tidak mempunya motivasi untuk berkompetisi dan berprestasi. Permasalahan yang akan diteliti: seberapa besar keefektivan bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas XI MA Al-Haromain Rajekwesi Mayong Jepara tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya peningkatan konsep diri melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group pada siswa kelas XI MA Al-Haromain Rajekwesi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan bagi sekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: 1) Memberi masukan kepada Kepala Sekolah tentang layanan bimbingan kelompok sehingga dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan konsep diri siswa. 2) Memberi masukan kepada guru pembimbing, agar mampu memberikan pengarahan pada siswa tentang pentingnya bimbingan kelompok dengan teknik peer group yang dapat meningkatkan konsep diri siswa. 3) Memberikan masukan pada siswa memberikan dorongan kepada siswa supaya membentuk konsep diri yang positif, terbuka, menghargai orang lain, mau mengendalikan emosi, mengembangkan rasa setia kawan, belajar untuk mempercayai kemampuan diri sendiri, serta belajar untuk memecahkan masalah. 4) Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI MA Al-Haromain Rajekwesi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, sebanyak 8 siswa yang memunyai konsep diri yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok dengan teknik peer group (Variabel bebas) dan konsep diri (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan membahas 8 materi dengan alokasi waktu 45 x 2 menit (2 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok dengan teknik peer group konsep diri siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skore rata-rata 8,9. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group pada sikus I, konsep diri siswa meningkat menjadi kategori cukup dengan skore rata-rata 16,5. Sedangkan pada siklus II konsep diri siswa terus meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan skore rata-rata 26,5. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI MA Al-Haromain. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI MA Al-Haromain. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK pada kelas XI agar program BK dapat terlaksana khususnya dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group, misalnya dengan melakukan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PT BK) dan lebih memperhatikan siswa-siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan agar tujuan pendidikan nasional dapat terwujud. 2. Konselor dapat memogramkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk membentuk konsep diri positif siswa. 3. Siswa aktif memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk membantu memecahkan persoalan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd. |
Kata Kunci: | Konsep Diri; Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah menengah atas (SMA) Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi kepribadian |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 04:37 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 04:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/488 |
Actions (login required)
View Item |