Penerapan Teknik Assertive Training Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Resisten Terhadap Pernikahan Dini Siswa Kelas Viii B Smp 1 Tayu Pati

TRI ISMAWATI, TANTI (2016) Penerapan Teknik Assertive Training Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Resisten Terhadap Pernikahan Dini Siswa Kelas Viii B Smp 1 Tayu Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (965kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (791kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (103kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan teknik assertive training dalam bimbingan kelompok dan untuk menentukan seberapa besar peningkatan perilaku resisten terhadap pernikahan dini siswa kelas VIII B SMP N 1 Tayu Pati tahun pelajaran 2014/2015. Mengetahui efektifitas layanan Bimbingan Kelompok pada siswa kelas VIII B SMPN 1 Tayu Pati Tahun 2014/2015. Perilaku resisten terhadap pernikahan dini merupakan suatu sikap untuk dapat menolak secara tegas tentang pernikahan dini, agar siswa tidak terjerumus dan dapat menyelesaikan pendidikan untuk masa depan yang lebih baik. Untuk mewujudkan perilaku resisten terhadap pernikahan dini yang baik, peneliti berupaya untuk meningkatkan perilaku resisten terhadap pernikahan dini dengan teknik assertive training. Masalah penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Teknik Assertive Training dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Resisten terhadap Pernikahan Dini pada Siswa SMP Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2014/2015. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: 1. Perilaku resisten terhadap pernikahan dini dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training; 2. Peningkatan perilaku resisten terhadap pernikahan dini dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling akan dilaksanakan di kelas VIII B SMP N 1 Tayu Pati dengan subjek penelitian 8 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikat adalah perilaku resisten terhadap pernikahan dini. Sedangkan variabel bebas adalah penerapan teknik assertive training dalam bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penelitian dapat menyimpulkan bahwa: terjadi peningkatan siklus 1 dan siklus 2. Pada Siklus 1 memperoleh jumlah skor 189 rata-rata 24 persentase 55% masuk kategori cukup (C). Pada Siklus 2 memperoleh jumlah skor 319 rata-rata 40 persentase 80% masuk kategori baik (B). Jadi dari pra siklus, siklus 1 sampai siklus 2 diperoleh hasil 55% menjadi 80%, sehingga ada peningkatan sebesar 25%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training Dapat Meningkatkan Perilaku Resisten Terhadap Pernikahan Dini Siswi Kelas VIII B SMPN 1 Tayu Pati Tahun Pelajaran 2014/2015, diterima karena sudah memenuhi indikator keberhasilan. Saran yang dapat diajukan sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah, diharapkan memahami dan memperhatikan serta memfasilitasi program bimbingan dan konseling yang mendukung, salah satunya dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Assertive Training guna meningkatkan Perilaku Resisten Terhadap Pernikahan Dini. 2. Konselor, diharapkan lebih memperhatikan Siswi yang sudah mencapai kategori baik tapi ketika dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok masih sering gaduh sendiri agar menjadi lebih baik lagi. 3. Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran, sebaiknya dapat menggunakan hasil temuan penelitian terkait Perilaku Resisten Terhadap Pernikahan Dini sehingga lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan Siswi secara lebih mendalam. 4. Orang Tua, untuk lebih memperhatikan anak-anaknya terutama membantu anaknya untuk membiasakan diri dengan Perilaku Resisten terhadap Pernikahan Dini yang baik. 5. Siswi, diharapkan Siswi dapat menghadiri dan membiasakan diri untuk ikut berpartisipasi aktif dalam memberikan pendapat yang berupa kritikan maupun saran. 6. Peneliti berikutnya, dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengadakan serta mengembangkan penelitian selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian ini. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: 1. Perilaku resisten terhadap pernikahan dini dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training; 2. Peningkatan perilaku resisten terhadap pernikahan dini dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE, MM.
Uncontrolled Keywords: Teknik Assertive Training. Bimbingan Kelompok. Perilaku Resisten Terhadap Pernikahan Dini.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Mar 2016 05:38
Last Modified: 05 Mar 2016 05:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item