Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Struktur Tumbuhan Pada Siswa Kelas Iv Sd N 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus

Dyah Anjarsari, Afianti (2016) Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Struktur Tumbuhan Pada Siswa Kelas Iv Sd N 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (851kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (559kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (38kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahuihasilbelajar IPA materistrukturtumbuhanpadasiswakelas IV SD N 2 BulungcangkringJekulo Kudus sebelumdansesudahpenggunaan Model Project Based Learning.2.Mengetahuiketerampilan guru dalampenggunaan Model Project Based Learningmateristrukturtumbuhanpadasiswakelas IV SD N 2 BulungcangkringJekulo Kudus. PembelajaranBerbasisProyekmerupakanmetodebelajar yang menggunakanmasalahsebagailangkahawaldalammengumpulkandanmengintegrasikanpengetahuanbaruberdasarkanpengalamannyadalamberaktivitassecaranyata. Pembelajaranberbasisproyekdirancanguntukdigunakanpadapermasalahankomplek yang diperlukan pesertadidikdalam melakukaninvestigasidanmemahaminya.Hasilbelajaradalahhasilpenilaiankegiatanbelajar yang dinyatakandalambentuksimbol, angka, hurufmaupunkalimat yang dapatmencerminkanhasil yang sudahdicapaiolehsetiapsiswadalamperiodetertentupadamatapelajaranyang tersusunsecaraalam.Perkembangan IPA tidakhanyaditandaidenganadanyafakta, tetapijugaolehadanyametodeilmiahdansikapilmiah.Metodeilmiahdanpengamatanilmiahmenekankanpadahakikat IPA.Hipotesis penelitian ini adalah: 1. Penerapan model project based learning dapatmeningkatkanhasilbelajar IPA materistrukturtumbuhanpadasiswakelas IV SD N 2 BulungcangkringKecamatanJekulo Kudus TahunPelajaran 2014/ 2015. 2. Penerapan model project based learning dapatmeningkatkanketerampilan guru materistrukturtumbuhanpadasiswakelas IV SD N 2 BulungcangkringKecamatanJekulo Kudus TahunPelajaran 2014/ 2015. Penelitian yang dilaksanakan merupakanPenelitianTindakanKelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SD N 2 Bulungcangkring Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Pada penelitian ini subjekpenelitianadalahsiswakelas IV SD N 2 Bulungcangkringsebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitiantindakankelasdenganmenerapkan model Project Based Learningdapatmemperbaikihasilbelajarpadasiswakelas IV SD N 2 Bulungcangkring Kuduspadamatapelajaran IPA materiStrukturTumbuhan. Hal initerbuktidenganadanyaperubahanketuntasanteshasilbelajarkognitifsiswa di setiapsiklusnya.SiklusIdenganpersentaseklasikal 37,5% (kurang)dansiklus II denganpersentaseklasikal 87,5% (sangatbaik).Hasilbelajarsiswaranahafektifmeningkatdarisiklus I kesiklus II yaitumemperolehpersentasesebesar 66,75% (baik), sedangkanpadasiklus II memperolehpersentasesebesar 78% (baik). Hasilbelajarsiswaranahpsikomotorikmeningkatdarisiklus I kesiklus II yaitumemperolehpersentasesebesar 65,65% (baik), sedangkanpadasiklus II memperolehpersentasesebesar 78,05% (baik). KesimpulandalamPenelitiantindakankelasdenganmenerapkan model Project Based Learningdapatmemperbaikihasilbelajarpadasiswakelas IV SD N 2 Bulungcangkring Kuduspadamatapelajaran IPA materiStrukturTumbuhan. Saran yang dapatdiberikanyaitu: 1) Bagi Guru, Guru harusterusberusahameningkatkanhasilbelajarsiswasalahsatunyadenganmenerapkan model Project Based Learning yang dapatmeningkatkankeaktifansiswa, minatbelajar, kreativitasdandayaimajinasi. 2) BagiSiswa, Siswadiharapkanmempunyaikesadarandanmotivasidalambelajaruntukkepentingandirisiswasendiiri. 3) BagiSekolah, Penelitianinidiharapkanmampumemicuberkembangnyapenelitian-penelitianlain yang lebihkreatifdaninovatif, khususnyaterhadappembelajaranIPA.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, StrukturTumbuhan, IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 14 Mar 2016 05:27
Last Modified: 14 Mar 2016 05:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item