Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Peningkatan Pembelajaran Pkn Materi Bentuk- Bentuk Keputusan Bersama Pada Siswa Kelas V Sd 7 Cendono Dawe Kudus

Aolawi Ziaul Haq, Mahbub (2016) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Peningkatan Pembelajaran Pkn Materi Bentuk- Bentuk Keputusan Bersama Pada Siswa Kelas V Sd 7 Cendono Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (480kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (206kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran PKn mencakup dua aspek yakni keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model Pembelajaran Group Investigation. Penerapannya yakni pada materi bentuk-bentuk keputusan bersama pada siswa kelas V SD 7 Cendono. Pembelajaran merupakan serangkaian proses yang disusun untuk melancarkan proses belajar. Group Investigation merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk menginvestigasi masalah atau kasus melalui diskusi kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 7 Cendono Dawe Kudus dengan subjek penelitian 30 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya yakni model pembelajaran Group Investigation, sedangkan variabel terikatnya yakni pembelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran PKn kelas V menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar setiap siklusnya. Pengelolaan pembelajaran guru siklus I memperoleh skor rata-rata 2,78 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,33 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil belajar ranah kognitif klasikal siswa pra siklus sebesar 46,67% dengan rata-rata 64,67, meningkat pada siklus I menjadi 60,00% dengan rata-rata 68,83, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,67% dengan rata-rata 71. Hasil belajar ranah afektif klasikal siswa pada siklus I sebesar 2,4, meningkat pada siklus II sebesar 2,78. Sementara hasil belajar ranah psikomotorik klasikal siswa pada siklus I sebesar 2,43, meningkat pada siklus II sebesar 2,72. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta menemukan peningkatan hasil belajar PKn materi bentuk-bentuk keputusan bersama siswa kelas V SD 7 Cendono. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran PKn serta sebaiknya guru dapat menggunakan model Group Investigation agar pembelajaran lebih menarik dan menyenagkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Group Investigation, PKn, Bentuk- bentuk Keputusan Bersama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 14 Mar 2016 07:29
Last Modified: 14 Mar 2016 07:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item