Upaya Meningkatan Proaktivitas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012

N, Arif Rachman (2012) Upaya Meningkatan Proaktivitas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (687kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (152kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
Presentasi_Ujian_Skripsi_Ryan.ppt - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masa remaja yang sangat relevan dengan tugas pengembangan dirinya untuk menjadi pribadi yang berkompeten. Sebagai seorang remaja yang berkembang hendaknya memiliki usaha sadar dan terencana dalam menyiapkan dirinya agar memiliki kepribadian yang berorientasi ke masa depan, mandiri dan bertanggung jawab. Realitanya siswa SMA sebagai seorang remaja masih labil dalam berpikir dan bersikap, bahkan cenderung terpengaruh dengan teman sebaya untuk melakukan hal- hal yang tidak relevan dengan tugas mereka sebagai seorang pelajar. Misalnya membolos, malas belajar dan lebih sering mencontek, bahkan tidak memahami bakat minatnya. Rumusan masalah :’’apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan proaktivitas siswa kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012’’?. Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan proaktivitas siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012. 2. Menemukan seberapa besar efektifitas bimbingan kelompok untuk peningkatan proaktivitas siswa kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: 1). Sebagai salah satu kajian ilmiah berkenaan dengan topik layanan bimbingan kelompok terhadap kesulitan belajar pada kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012. 2) .Memberikan tambahan keilmuan yang berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling, khususnya menyangkut tentang bimbingan kelompok dan proaktivitas siswa. 2. Kegunaan Praktis: 1). Bagi Kepala Sekolah, Memberikan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pemberian layanan bimbingan dan konseling disekolah dalam rangka membantu siswa untuk berkembang secara optimal, kaitannya tentang pengaruh bimbingan kelompok kaitannya dengan meningkatan proaktivitas siswa. 2) Bagi Konselor Sekolah, Sebagai bahan kajian dan menambah wawasan bagi konselor dalam memberikan bimbingan kelompok kaitannya dengan meningkatan proaktivitas siswa. 3) Bagi Siswa, Melalui bimbingan kelompok siswa dapat memperoleh pengalaman baru sebagai upaya meningkatkan proaktifitas dalam belajar siswa. 4) Bagi Orang Tua, Memberi masukan tentang pentingnya pola asuh orang tua yang positif yang dapat mempengaruhi perkembangan proaktivitas anaknya serta orang tua dapat membimbing anaknya untuk meningkatkan proaktivitas diri agar menjadi pribadi yang kreatif dan berwawasan luas. 5) Bagi Peneliti, Melalui penelitian ini dapat diperoleh pengalaman dan pengetahuan baru khususnya yang menyangkut tentang efektifitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan proaktivitas siswa. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Upaya Meningkatan Proaktivitas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, sebanyak 8 siswa yang mempunyai proaktifitas yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Proaktifitas (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok proaktifitas siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skore rata-rata 38,3. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, proaktifitas siswa meningkat menjadi kategori cukup dengan skore rata-rata 49,1. Sedangkan pada siklus II proaktifitas siswa terus meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan skore rata-rata 84,1. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan proaktifitas pada siswa kelas Kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan proaktifitas pada siswa Kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1.‎Kepala sekolah sudah memberikan jam BK selama 45 menit dalam seminggu, hendaknya kepala sekolah memantau terselenggaranya jam BK tersebut. 2.‎Konselor hendaknya dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk proaktifitas siswa dan memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok sebagai tempat untuk mengembangkan proaktifitas, serta pada saat jam BK di jalankan sesuai dengan materi pelayan BK. 3.‎Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu mereka dalam memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami oleh siswa. ‎4. Wali Kelas hendaknya lebih peka dalam mengenali tingkah laku siswa yang mengalami masalah. Bila perlu wali kelas dapat bekerjasama dengan konselor dalam menghadapi permasalahan siswa yang mengalami proakifitas rendah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto,M.Pd,Kons, Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd.
Kata Kunci: Meningkatan Proaktivitas; Bimbingan kelompok.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah menengah atas (SMA)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2012 01:12
Last Modified: 09 Nov 2012 01:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item