Penerapan Model Role Playing Berbantuan Media Benda Tiruan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Jepang Kudus

LESTARI, DIAN RULIS (2016) Penerapan Model Role Playing Berbantuan Media Benda Tiruan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Jepang Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (634kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (824kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (300kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 1 Jepang Kudus.Rendahnya hasil belajar disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, penggunaan media yang kurang maksimal dan aktivitas siswa yang masih rendah.Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Role Playingberbantuan media benda tiruan pada mata pelajaran IPS materi sikap kepahlawanan dan patriotisme. Model Role Playing merupakan pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman siswa terhadap sikap dan peristiwa yang terjadi secara konkret.Role Playing dapat menanamkan kemampuan bertanggung jawab dalam bekerja sama dengan orang lain. Siswa dalammodel ini dituntut untuk aktif memerankan atau mencontoh peristiwa positif masa lampau maupun masa kini dengan bantuan mediabenda tiruan.Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspekkognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran.Hipotesistindakan yang diajukan adalah keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Role Playing berbantuan media benda tiruan pada kelas IV SD 1 Jepang Kudus dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas IV SD 1 Jepang Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yangberlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Role Playing berbantuan media benda tiruan, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS materi sikap kepahlawanan dan patriotisme. Metode pengumpulandata berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Datayang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Role Playing berbantuan media benda tiruan dapat meningkatkan hasil belajar IPS, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siklus I memperoleh nilai 73,5 dengan kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 87,4 dengan kualifikasi “sangat baik”. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 63,8 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 80,9 dengan kualifikasi “baik”. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada tes evaluasi siklus I 60% meningkat menjadi 94,73% pada tes evaluasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 71,5 menjadi 82,36 pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Role Playing berbantuan media benda tiruan dapat meningkatkan hasil belajar IPS, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 1 Jepang Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dan menumbuhkan sikap positif dalam belajar agar dapat meraih hasil belajar yang baik.Bagi guru, hendaknya merencanakan model pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan model pembelajaran yang lain, sehingga kualitas pembelajaran di kelas semakin meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Media Benda Tiruan, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Jun 2016 04:09
Last Modified: 07 Jun 2016 04:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item