Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar di Kelas V MI Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013

Pahlevi, Rizal (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar di Kelas V MI Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (127kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (38kB)
[thumbnail of Presentasi Skripsi] Microsoft PowerPoint (Presentasi Skripsi)
POWER_POINT.ppt - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu bentuk layanan penguasaan konten adalah menggunakan media cerita bergambar yaitu suatu media pembelajaran yang dikhususkan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Cerita bergambar adalah gambar yang tak diproyeksikan, terdapat dimana-mana, baik di lingkungan anak-anak maupun di lingkungan orang dewasa, mudah diperoleh dan ditunjukkan kepada anak-anak. Gambar yang berwarna dan umumnya menarik perhatian mempunyai arti, uraian dan tafsiran sendiri-sendiri. Karena itu gambar dapat digunakan sebagai media pendidikan dan mempunyai nilai-nilai pendidikan bagi anak-anak dan kemungkinan belajar secara efisien di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah layanan penguasaan konten dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas V MI Qudsiyyah? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan membaca cepat siswa kelas V MI Qudsiyyah dalam beberapa siklus selama dan setelah diberikan layanan penguasaan konten dan menemukan peningkatan keterampilan membaca cepat siswa kelas V MI Qudsiyyah dengan diterapkannya layanan penguasaan konten dengan menggunakan media cerita bergambar. Penelitian dilakukan pada guru dan siswa kelas V semester II di MI Qudsiyyah Kudus tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa yang terdiri laki-laki semua dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan strategi dengan model siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua tahap (2 siklus), tiap siklus dilaksanakan dua kali kegiatan sesuai dengan indikator perubahan tingkah laku yang hendak dicapai. Siklus I pertemuan I dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2012 dan pertemuan II tanggal 9 Agustus 2012, sedangkan siklus II pertemuan I dilaksanakan tanggal 3 September 2012 dan pertemuan II 6 September 2012. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menguasai aturan dan teknik membaca siswa dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,18. Indikator kemampuan siswa membaca dengan ejaan dan tanda baca yang benar dalam kategori baik sekali dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,61. Indikator kemampuan siswa membaca dengan cekatan dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,13, hal ini berarti siswa kelas V MI Qudsiyyah Kudus cekatan dalam membaca. Indikator kemampuan siswa membaca dengan cepat dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,95. Indikator kemampuan siswa membaca dengan tepat dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,00. Indikator kemampuan menangkap kata-kata dengan cepat dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 3,05. Indikator kemampuan siswa mengenali kata-kata dengan susunan terbalik dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,97. Indikator kemampuan siswa menangkap kata-kata hanya sekali lirik dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,97. Indikator kemampuan mengenali teks dalam cerita bergambar dengan cepat dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,00. Indikator kemampuan mengatasi kesulitan dalam teknik membaca cepat dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,11. Indikator minat berlatih keterampilan membaca cepat dalam kategori baik sekali dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,53. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata keterampilan membaca cepat siswa Kelas V MI Qudsiyyah Kudus sebelum diadakan tindakan sebesar 1,56 dengan kategori kurang, dan setelah diadakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata ketrampilan membaca cepat siswa sebesar 2,30 dengan kategori cukup terjadi peningkatan sebesar 0,74, kemudian di siklus ke-II semua capaian nilai siswa telah mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata 3,40 dengan kategori baik sekali yang mengalami peningkatan sebesar 1,84 sebelum diadakan tindakan. Dengan demikian, layanan penguasaan konten dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa Kelas V MI Qudsiyyah Kudus. Jadi hipotesis yang berbunyi layanan penguasaan konten dengan mengunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas V MI Qudsiyyah diterima karena teruji kebenarannya. Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat diberikan beberapa saran sebagai berikut: 1) Guru hendaknya menerapkan layanan penguasaan konten pada mata pelajaran yang lain tidak hanya pada pembelajaran tertentu saja. 2) Siswa harus lebih mengembangkan inisiatif, kreativitas, keaktifan serta motivasi belajarnya dalam hal mengembangkan bacaan sehingga dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan daya pikir siswa serta dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat mereka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (i) Dr. Murtono, M.Pd, (ii). Dra. Sumarwiyah, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca Cepat, Layanan Penguasaan Konten, Media Cerita Bergambar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Membaca (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2012 02:48
Last Modified: 10 Nov 2012 02:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item