The Analysis Of Culture Content In Textbook Of The Eleventh Grade Of Senior High School In Kudus

JABBAR, MOH ABDUL (2016) The Analysis Of Culture Content In Textbook Of The Eleventh Grade Of Senior High School In Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (669kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (347kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (200kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Budaya menjadi salah satu nilai penting dari sebuah negara karena budaya adalah identitassuatubangsa. Salah satuprodukdaribudaya adalahbahasa.Selaindigunakansebagaibahasakomunikasi bahasaInggrisjugaditerapkan dalam pendidikan di Indonesia.Sehinggafilterisasidiperlukanuntukmenyaringunsurkebudayaan agar sesuaidengankepribadianbangsa Indonesia. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuisejauhmanaunsurbudayabaratdanunsurbudaya local diterapkanpada materibuku ajar di kelas XI SMA di Kudus. Penelitimenggunakanteoridari E.B Tylor yang terdiriataswujuddanunsurkebudayaanyaituPeralatandanperlengkapanhidup (teknologi), Sistemmatapencaharian (Ekonomi), Sistemkekerabatandanorganisasi social, Bahasa, Kesenian, Sistemkepercayaan (religi), Institusikeluargadanpernikahan, Sistemilmudanpengetahuan. Metodepenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatif. Data daripenelitianiniadalahunsurkebudayaanbaratdanunsurkebudayaan local dalambukuteks. Sumber data dalampenelitianiniadalah reading text dan dialogue. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakebudayaanbaratlebihdominanditerapkanpadabuku ajar bahasaInggriskelas XI SMA di Kudus. Ada 14 unsurbudayabarat yang terdiridariKesenian, SistemKepercayaan (religi), InstitusiKeluargadanPernikahan, SistemKekerabatandanOrganisasi Social, SistemIlmudanpengetahuan, PeralatandanPerlengkapanHidup (teknologi). Ada 10 unsurbudaya local yang terdiridariSistemKekerabatandanOrganisasi Social, Kesenian, Bahasa, SistemKepercayaan (religi), PeralatandanPerlengkapanHidup (teknologi). Dari hasilpenelitiantersebutpenelitimemberikan saran.Pertama, diharapkankepadapenulisdanpenyusundalambuku ajar dapatmelakukanpenyesuaianterhadapnilaibudayadanunsurbudayadalammateri ajar.Kedua, diharapkan guru untukdapatmengelaborasidanmemberikanpengetahuantentangunsurbudayadalammateri ajar.Ketiga, diharapakanparapembacadapatlebihmengenaldanmemahamitentangunsurbudayabaratdanunsurbudaya local padabuku ajar kelas XI SMA di Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Rismiyanto, SS, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: UnsurKebudayaan, Budaya Barat danBudayaLokal, Buku Ajar PendidikanBahasaInggrisKelas XI.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 15 Jun 2016 03:10
Last Modified: 15 Jun 2016 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item