Students’ Understanding On Narrative Text Of The Tenth Grade Of Smk Pgri 1 Mejobo Kudus In Academic Year 2015/2016 Taught Through Discovery Based-Learning

PENI, NENI ER (2016) Students’ Understanding On Narrative Text Of The Tenth Grade Of Smk Pgri 1 Mejobo Kudus In Academic Year 2015/2016 Taught Through Discovery Based-Learning. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (859kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (613kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, SMK PGRI 1 Mejobo Kudus telah menerapkan kurikulum 2013. Siswa dilatih melalui pemahaman teks yang disajikan oleh 2013 kurikulum. Teks naratif adalah salah satu jenis teks yang harus dipahami oleh siswa kelas X di SMA. Tetapi kenyataannya, pemahaman siswa tentang teks naratif terbatas, terutama untuk siswa kelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Sesuai dengan karakteristik dari pemahaman, cara mengajar yang teopat melalui pembelajaran berbasis-penemuan. Melalui pembelajaran berbasis-penemuan diharapkan dapat membantu siswa untuk menganalisis, mengidentifikasi, dan memahami naratif teks cepat cara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa tentang naratif text di kelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus pada tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah diajarkan melalui pembelajarn berbasis-penemuan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penulis mengadakan penelitian kuantitatif eksperimental. Penulis membuat suatu penelitian kuantitatif eksperimen dengan satu kelompok pre-test post-test. Penulis mengambil X TKJ 1 sebagai sampel yang terdiri dari 37 siswa dengan menggunakan cluster random sampling. Penulis menggunakan tes tertulis pilihan ganda terdiri dua puluh lima soal untuk mengumpulkan data pemahaman siswa tentang teks naratif di kelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus pada tahun ajaran 2015/2016 diajarkan melalui pembelajaran berbasis-penemuan. Penulis melakukan analisis data dan menguji hipotesis. Mean untuk pre-test adalah 58,57 dan SD adalah 9,137. Sedangkan untuk post-test penulis mendapat data mean 80,01 dengan SD 7,98. Untuk pengujian hipotesis penulis mendapat t-observation adalah 6.05 sedangkan t-critical 5% adalah ± 2,042. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa tentang naratif teks di kelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus pada tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah diajarkan melalui pembelajaran berbasis-penemuan. Kemudian penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis-penemuan efektif pemahaman siswa tentang narrative teks. Dari uraian di atas, penulis merekomendasikan beberapa saran. Pertama, guru Bahasa Inggris harus memiliki kontrol kelas penuh ketika mereka menerapkan pembelajaran berbasis-penemuan dalam proses mengajar. Mereka harus memastikan semua aturan dalam menerapkan metode ini dilakukan oleh siswa. Kedua, guru Bahasa Inggris harus menjelaskan petunjuk jelas sehingga proses berjalan tepat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Teks Naratif, Pembelajaran Berbasis Penemuan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 20 Jun 2016 05:22
Last Modified: 20 Jun 2016 05:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item