The Listening Comprehension Of The Eleventh Grade Students Of Sma 1 Jekulo Kudus In The Academic Year 2015/2016 Taught By Using English Broadcast Of Voa

LESTARI, CITRA AYU (2016) The Listening Comprehension Of The Eleventh Grade Students Of Sma 1 Jekulo Kudus In The Academic Year 2015/2016 Taught By Using English Broadcast Of Voa. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (188kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Mendengar adalah suatu aktivitas merespons pengetahuan, ide dan perasaan dalam bentuk teks sehingga hasilnya dapat dinikmati dan dipahami oleh pendengar. Mendengar adalah salah satu kemampuan yang mana diperlukan bagi siswa untuk merespons ide-ide mereka di dalam tulisan. Mendengar seharusnya mendapat perhatian lebih karena masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam merespons teks dari penutur asli, khususnya teks report. Penulis menemukan masalah yang dimiliki oleh para siswa SMA 1 Jekulo Kudus dalam mendengar Bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris seharusnya kreatif dalam memilih tehnik dalam mengajar mendengar. Dengan harapan, siswa dapat merespons teks report dari penutur asli dengan mudah. Siaran bahasa Inggris adalah salah satu tehnik pengajaran yang dapat menjadi pertimbangan bagi guru bahasa Inggris karena Siaran Bahasa Inggris adalah salah satu tehnik yang dapat digunakan siswa untuk mengembangkan, mengatur atau mengumpulkan ide dan menemukan petunjuk dalam mendengar secara mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan mendengar siswa kelas XI SMA 1 Jekulo Kudus pada tahun pelajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Siaran Bahasa Inggris dari VOA. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan memberikan pretest and posttest pada satu kelompok. Populasinya adalah kelas XI SMA 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penulis mengambil contoh dengan menggunakan cluster random sampling. Instrument penelitian menggunakan tes pilihan ganda dan tes tertulis (melengkapi kata yang hilang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata kemampuan siswa kelas XI SMA 1 Jekulo Kudus tahun ajaran 2015/2016 di dalam mendengar sebelum menggunakan siaran bahasa inggris adalah 57.70 dan standart deviasi adalah 11.9, menunjukkan kategori “cukup”. Sedangkan rata rata kemampuan siswa kelas XI SMA 1 Jekulo Kudus tahun ajaran 2015/2016 di dalam mendengar setelah menggunakan siaran bahasa inggris dari VOA adalah 81.15 dan standart deviasi adalah 5.88, yang mana menunjukkan kategori “bagus”. Itu menunjukkan kemampuan siswa di dalam mendengar teks report lebih baik daripada sebelum menggunakan siaran bahasa inggris dari VOA. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa siaran bahasa inggris dari VOA efektif di dalam pembelajaran mendengar teks report, karena siswa lebih mudah merespons makna kalimat, aktif dan senang di dalam proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mendengar, Siaran Bahasa Inggris dari VOA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 20 Jun 2016 06:07
Last Modified: 20 Jun 2016 06:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item