The Use Of R.I.D.E.R. (Read, Image, Describe, Evaluate, And Repeat) Strategy In Teaching Reading Narrative Text To The Eleventh Grade Students Of Sma Nasional Pati In 2015/2016 Academic Year

HARLINA, SRI WAHYU (2016) The Use Of R.I.D.E.R. (Read, Image, Describe, Evaluate, And Repeat) Strategy In Teaching Reading Narrative Text To The Eleventh Grade Students Of Sma Nasional Pati In 2015/2016 Academic Year. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (7MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (736kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (788kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (712kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (694kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (701kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Membaca adalah salah satu hal penting dalam aktivitas sehari-hari. Membaca tidak hanya hanya sekedarmembaca. Membaca adalah proses untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dalam bentuk tertulis. Orang harus memahami isi dari teks untuk mendapatkan informasi. Dalam mengajar membaca harus didukung dengan strategi yang tepat. Faktanya, sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan untuk memahami teks dalam membaca.Hal ini ditemukan ketika siswa masih tidak memperhatikan dan bingung dalam memahami isi teks bahasa Inggris. Berdasarkan fakta tersebut, penulis mencoba untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa dengan menggunakan strategi alternatif dalam membaca dengan menggunakan RIDER strategi. RIDER strategi adalah salah satu strategi untuk mengajar membaca yangterdiri dari membaca, membayangkan, mendeskripsikan, mengevaluasi, dan mengulangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa kelas XI di SMA Nasional Pati di tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan RIDER strategi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain satu kelompok. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Nasional Pati di tahun ajaran 2015/2016. Penulis memperoleh satu kelas sebagai sampel penelitian. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Ada satu kelas yang dipilih, yaitu kelas XI IPA yang terdiri dari 36 siswa. Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Bentuk dari tes ini adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa kelas XI di SMA Nasional Pati di tahun ajaran2015/2016 sebelum diajarkan dengan menggunakan strategi RIDER adalah cukup (Mean = 59,89 dan SD = 8.55). Selain itu, pemahaman membaca siswa kelas XI di SMA Nasional Pati ditahun ajaran 2015/2016 setelah diajarkan dengan menggunakan strategi RIDER adalah baik (Mean = 75,22 dan SD = 6.85). Dalam menganalisis data, penulis menggunakan t-test. Di tingkat signifikansi 0,05 atau 5% dan derajat kebebasan (df) N-1 = 35, ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa kelas XI di SMA Nasional Pati di tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan RIDER strategi. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-observasi (to) adalah 17,64 dan tabel t (tt) 2,042. Ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima (t₀ = 17,64> tt = 2,042). Setelah mengetahui hasil penelitian bahwa pemahaman membaca siswa kelas XI di SMA Nasional Pati di tahun ajaran 2015/2016 sesudah diajarkan dengan menggunakanRIDER strategi lebih tinggi daripada sebelum diajarkan dengan menggunakan RIDER strategi. Dengan demikian, penulis menyarankan bahwa guru harus mampu menciptakan proses belajar mengajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Guru dapat menggunakanRIDER strategi dalam mengajar membaca.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Suprihadi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Membaca dan RIDER Strategi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 01:55
Last Modified: 21 Jun 2016 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item