Improving The Students’ Speaking Skill By Using Improvisations Technique (A Classroom Action Research At Sma N 1 Mayong Jepara In Academic Year 2015/2016)

ROHMAH, NOOR (2016) Improving The Students’ Speaking Skill By Using Improvisations Technique (A Classroom Action Research At Sma N 1 Mayong Jepara In Academic Year 2015/2016). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (304kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (916kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (247kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berbicara dapat dikatakan sebagai kemampuan yang penting dalam berkomunikasi, karena dengan berbicara kita dapat mengungkaplkan perasaan kita, pendapat kita dan juga informasi kepada orang lain. Kemudian, kunci sukses dalam berkomunikasi adalah berbicara dengan baik, dengan efisien dan dengan jelas sebaik dengan menggunakan suara yang efektif, berbicara juga berhubungan dengan keberhasilan dalam hidup, karena menempati posisi penting baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial. Sayangnya, dari penelitian awal yang telah dilakukan oleh penulis di SMA N 1 Mayong Jepara, ada banyak masalah yang penulis temukan. Masalah- masalah itu berkaitan dengan motivasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris yang rendah. Kemudian, para siswa juga memiliki masalah dalam aspek-aspek dalam berbicara bahasa Inggris seperti: kosakata, tata bahasa, kelancaran dan pelafalan. Berdasarkan dengan masalah-masalah diatas, KKM pelajaran bahasa Inggris yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75 tidak dapat di dilwati oleh para siswa. Maka dari itu, sebuah teknik yang menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan Teknik Improvisasi adalah teknik yang cocok yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menemukan apakah penggunaan dari Teknik Improvisasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di XI IPA 2 di SMA N 1 Mayong Jepara pada Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk menggambarkan respon siswa di XI IPA 2 di SMA N 1 Mayong Jepara Pada Tahun Ajaran 2015/2016 terhadap proses belajar mengajar dengan menggunakan Teknik Improvisasi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas XI IPA 2 di SMA N 1 Mayong Jepara pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 36 siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah: Lembar observasi, daftar pertanyaan dan test prestasi berbicara. Dari hasil dari penelitian ini, ada sebuah peningkatan di setiap siklus. Ini dapat di dibuktikan dari penerapan Teknik Improvisasi yang membuat para siswa lebih tertarik dan bersemangan dalam kelas berbicara. Di siklus I terlihat bahwa para siswa memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti kelas brbicara dan mereka tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru. Sayangnya, beberapa siswa belum paham tentang teknik yang digunakan, tapi, guru selalu memandu para murid dalam menerapkan Teknik Improvisasi, dengan tujuan untuk membuat para murid paham dengan teknik yang digunakan. Sementara di skilus II, hampir seluruh siswa lebih paham dengan teknik yang digunakan dan mereka dapat menerapkan tekniknya dengan baik. Kemudian, para murid lebih bersemangat dan lebik tertarik untuk mengikuti kelas berbicara. Terlebih lagi, respon siswa dalam menggunakan Teknik Improvisasi lebih baik di setiap siklusnya. Di siklus II, mereka lebih memberikan respon yang positive dibandingkan pada siklus sebelumnya. Peningkatan dari para siswa juga terlihat dari hasil test berbicara siswa. Ini dapat dilihat dari test sebelum siklus, nilai rata-rata siswa adalah 66.11 dan ini dapat dikategorikan cukup. Ini meningkat di siklus I, nilai rata-rata mereka adalah 72.66 dan ini dikategorikan cukup. Terakhir di siklus II nilai rata-rata mereka adalah 77.44 dan ini dikategorikan baik. Dari hasil penelitian diatas, ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Improvisasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA N 1 Mayong Jepara pada tahun ajaran 2015/2016. Selain itu, untuk guru bahasa Inggris, penelitian ini dapat diterapkan di kelas berbicara dan juga dapat digunakan sebagai referensi untuk peneliti lainnya

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Slamet Utomo M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teknik Improvisasi, Ketrampilan Berbicara.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 02:31
Last Modified: 21 Jun 2016 02:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item View Item