Using Application Of Esl Robot And English Conversation To Improve Speaking Skillof Eleventh Grade Students Of Sma 1 Mejobo Kudus In The Academic Year Of 2015/2016)

SUKRON, MOH (2016) Using Application Of Esl Robot And English Conversation To Improve Speaking Skillof Eleventh Grade Students Of Sma 1 Mejobo Kudus In The Academic Year Of 2015/2016). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (601kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (491kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (306kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (171kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Bahasa sebagai suatu alat komunikasi mengambil peran penting dalam kegiatan sehari-hari. Indonesia sebagai negara berkembang telah menyadari bahwa bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang diperlukan untuk dikuasai oleh orang-orang Indonesia dan setiap siswa. Berfokus pada kondisi siswa SMA di dalam belajar bahasa Inggris, mereka masih mendapatkan kesulitan dalam berlatih berbicara. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas XI SMA 1 Mejobo Kudus. Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Inggris dari SMA 1 Mejobo Kudus, penulis menemukan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA 1 Mejobo Kudus rendah. Hal ini menunjukkan dari skor siswa. Rata-rata nilai siswa di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dari SMA 1Mejobo Kudus adalah 75. Hal ini terjadi karena sebagian besar siswa masih sulit untuk mengungkapkan pikiran mereka karena mereka menemukan kesulitan untuk mengembangkan ide-ide mereka dan menyusun menjadi sebuah kalimat yang baik secara lisan. Oleh karena itu, penulis mengusulkan aplikasi ESL Robot dan English conversation sebagai media pengajaran untuk memecahkan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi ESL Robot dan English Conversation sebagai media pembelajaran dalam meningkatkanketerampilan berbicara dan partisipasi siswa dalam penggunaan ESLrobot dan English Conversation untuk meningkatkan keterampilan berbicara setelah diajarkan oleh meda ini. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam beberapa langkah. Langkah-langkah adalah pra-siklus dan siklus mulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI dari SMA 1 Mejobo Kudus. Penerapan Aplikasi ESL Robot dan English Conversation digunakan untuk pemahaman yang lebih baik dari penerapan ESL Robot dan English conversation sebagai media dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sebelum melaksanakan siklus dalam penelitian, penulis mendapat data dari pra-siklus. Data menunjukkan bahwa 93.7% dari seluruh siswa memiliki nilai bahasa Inggris di bawah KKM. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Selain itu, penulis menggunakan dua instrumen dalam penelitian ini; lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui guru dan siswa selama proses kegiatan belajar mengajar, dan tes lisan digunakan untuk mengukur kemampuan berbicarasiswa. Rata-rata nilai siswa adalah 64,1 sebelum siklus kemudian menjadi 78,8 setelah mendapatkan siklus. Selain itu, persentase siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Skor Minimum) sebelum siklus adalah 93.7% kemudian menjadi 16,6% setelah siklus. Hasil ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari siklus I yang mendapatkan kategori baik ke siklus II yang mendapatkan kategori baik. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara siswa yang diajarkan dengan setelah menggunakan aplikasi ESLRobot dan English Conversation. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk mempertimbangkan tentang penggunaan aplikasi ESL Robot dan English conversation untuk mengajar siswa SMA.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. H.A. Hilal Madjdi, M.P.d.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi ESL Robot and English English Conversation, Kemampuan berbicara, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 03:09
Last Modified: 21 Jun 2016 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item