The Implementation Of Three-Step Interview Technique In Teaching Speaking To The Eleventh Grade Students Of Sma 1 Jekulo Kudus In 2015/2016 Academic Year

NORFIYANTI, DWI YUNI (2016) The Implementation Of Three-Step Interview Technique In Teaching Speaking To The Eleventh Grade Students Of Sma 1 Jekulo Kudus In 2015/2016 Academic Year. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (789kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (409kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (420kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (577kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (341kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (162kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berbicara merupakan keterampilan utama yang mempunyai peranan penting dalam pengajaran bahasa. Ini dikarenakan tujuan utama dari pembelajaran bahasa asing adalah kemampuan untuk berkomunikasi menggunakan target bahasa. Dengan berbicara orang-orang dapat mengungkapkan ide mereka dan berkomunikasi dengan mudah. Namun, ada beberapa masalah dalam pengajaran berbicara, Masalah yang selalu muncul, diantaranya adalah kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam pelafalan, ketepatan struktur kebahasaan, kosa-kata, kefasihan, dan pemahaman. Kondisi tersebut juga terjadi pada siswa di SMA 1Jekulo Kudus. Siswa mengalami kesulitan dalam kosa-kata, struktur kebahasaan, dan praktik berbicara dalam bahasa Inggris dan mereka menjadi pasif di kelas. Ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM, KKM nya yaitu 75. Sementara salah satu dari tujuan pengajaran Bahasa Inggris adalah siswa harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kompetensi dalam berkomunikasi secara lisan (langsung). Setelah menganalisa masalah, peneliti mengaplikasikan Three-Step Interview sebagai teknik dalam pengajaran berbicara dalam Bahasa Inggris Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui kemungkinan adanya perbedaan atas kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas SMA 1 Jekulo Kudus tahun akademik 2015/2016 sebelum dan sesudah diajar menggunakan Three-Step Interview Technique. Model penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pre-test dan pos-test. Populasi pada penelitian kali ini adalah siswa kelas sebelas SMA 1 Jekulo Kudus tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 340 siswa yang terbagi menjadi 10 kelas. Sampel di ambil secara acak berdasarkan kelas. Dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 4 yang terdiri dari 33 siswa. Data diambil dari hasil tes lisan. Hasil perhitungan, menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berbicara pada siswa kelas sebelas sebelum diajar menggunakan Three-Step Interview Technique adalah 59.39 dan nilai rata-rata keterampilan berbicara pada siswa kelas sebelas sebelum diajar menggunakan Three-Steps Interview Technique adalah 83.63 dan t(hasil) adalah di tingkat signifikan α= 0.05 dan derajat bebas N-1, 33-1=32, dan t (tabel) pada 2.042. Sedangkan t (hasil) menunjukkan angka 15.46 jatuh di daerah ktitis. Sebab t (hasil) jatuh di daerah kritis, Itu berarti hipotesis penelitian kali ini adalah Ha, menyatakan bahwa ada perbedaan atas kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas SMA 1 Jekulo Kudus tahun akademik 2015/2016 sebelum dan sesudah diajar menggunakan Three-Step Interview Technique. Berdasarkan hasil diatas, Three-Step Interview Technique efektif untuk siswa dalam pengajaran bahasa inggris. Kemudian peneliti menyarankan guru untuk menggunakan Three-Step Interview Technique karena teknik ini membuat para siswa lebih aktif mealui wawancara satu sama lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Suprihadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berbicara, “Three-Step Interview Technique”, penelitian eksperimental
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 03:16
Last Modified: 21 Jun 2016 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item