Teacher’s Perception On The 2013 Curriculum In Smk Pgri 1 Mejobo Kudus

HIDAYAH, NOOR (2016) Teacher’s Perception On The 2013 Curriculum In Smk Pgri 1 Mejobo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (5MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (562kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (189kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pergantian kurikulum merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, pada 15 Juli 2013, Muhammad Nuh (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia) mengeluarkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah pengembangan dari kurikulum 2004 atau kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang mencakup kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara tematik yang penilaiannya berdasarkan pada proses dan hasil. Sukses tidaknya pelaksanaan kurikulum 2013 dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah persepsi guru terhadap kurikulum 2013. Persepsi guru terhadap kurikulum 2013 adalah informasi, gambaran, nilai, harapan, teori, dan asumsi tentang kurikulum 2013 yang para guru mengerti, percayai, dan mereka bawa / terapkan kedalam kelas. Sehingga positif atau negatifnya persepsi guru terhadap kurikulum 2013 akan mempengaruhi bagaimana mereka mengimplementasikan kurikulum 2013 tersebut di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap kurikulum 2013 di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan penulis kepada 30 guru di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Dari angket tersebut, penulis menemukan bahwa persepsi guru tentang RPP kurikulum 2013 di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus adalah positif (73%), persepsi guru tentang materi kurikulum 2013 di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus adalah positif (87%), persepsi guru tentang proses belajar mengajar kurikulum 2013 di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus adalah positif (70%), persepsi guru tentang penilaian kurikulum 2013 di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus adalah positif (53%), dan secara keseluruhan persepsi guru terhadap kurikulum 2013 di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus adalah positif (80%). Perubahan kurikulum merupakan sesuatu yang tidak dapat kita hindari di dunia pendidikan. Perubahan kurikulum diperlukan untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik. Oleh karena itu, para guru disarankan agar lebih bijak dalam menghadapi perubahan kurikulum tersebut. Persepsi positif dari para guru akan membantu mereka agar lebih siap menghadapi perubahan kurikulum dan membuat mereka lebih optimis untuk belajar dan mencari informasi lebih banyak tentang kurikulum yang baru. Sehingga mereka dapat mengimplementasikan kurikulum yang baru kedalam kelas dengan benar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Slamet Utomo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perubahan kurikulum, kurikulum 2013, persepsi guru
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 05:12
Last Modified: 21 Jun 2016 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5173

Actions (login required)

View Item View Item