PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V DI SDN 02 TUMPANG KRASAK KABUPATEN KUDUS

Prihatiningrum, Aprilia (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V DI SDN 02 TUMPANG KRASAK KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (403kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas V Di SDN 02 Tumpang Krasak Kabupaten Kudus. Skripsi. Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd., (Ii) Santoso, S. Pd, M.Pd. Kata Kunci:Hasil Belajar Pkn, Peraturan Perundang-Undangan, Think Pair Share Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Think Pair Share Pada Materi Peraturan Perundang-Undangan. Hasil Belajar Adalah Perubahan Perilaku Yang Diperoleh Siswa Setelah Mengalami Ativitas Belajar Yang Dilihat Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor. Model Think Pair Share Merupakan Inovasi Dalam Pembelajaran Karena Dalam Think Pair Share Kemampuan Berpikir Siswa Benar-Benar Dioptimalkan Melalui Proses Kerja Kelompok. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas V SD 02 Tumpang Krasak Kudus Dengan Subjek Penelitian 21 Siswa Dan Guru Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Dua Pertemuan. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Think Pair Share, Sedangkan Variabel Terikatnya Yaitu Hasil Belajar Peraturan Perundang-Undangan. Metode Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Tes Dan Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Dari Tindakan Yang Dilakukan Dianalisis Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Dengan Menggunakan Model Think Pair Share Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran, Aktivitas Siswa Dalam Belajar Dan Hasil Belajar Pkn Siswa. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Terpenuhinya Indikator Keberhasilan Sebagai Berikut. (1) Peningkatan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Ke Siklus II Meningkat Dari Rata-Rata 72% Kategori Tinggi Menjadi 79% Kategori Tinggi (2) Aktivitas Belajar Siswa Ranah Afektif Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Persentase 73,46% Dengan Dengan Kategori Baik Meningkat Pada Siklus II Menjadi 82,86% Kategori Baik (3) Aktivitas Belajar Siswa Ranah Psikomotorik Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Persentase 72,02% Kategori Baik Meningkat Pada Siklus II Menjadi 80,95% Kategori Baik (4) Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata 71,9 Meningkat Pada Siklus II Menjadi 77,86 Dari Ketuntasan Klasikal Yang Telah Ditetapkan Yaitu 75. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Think Pair Share Untuk Pembelajaran Pkn Materi Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat Dan Daerah Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 02 Tumpang Krasak Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran Untuk Guru, Diharapkan Model Think Pair Share Bisa Dijadikan Refrensi Dalam Memilih Model Pembelajaran Agar Pembelajaran Dapat Tercapai Sesuai Dengan Tujuan Yang Diharapkan Oleh Guru. Untuk Siswa, Diharapkan Siswa Menumbuhkan Motivasi Intrinsiknya Agar Menjadi Lebih Bersemangat Dan Menjadi Aktif Di Kelas. Untuk Sekolah, Diharapkan Sekolah Menfasilitasi Sarana Dan Prasarana Yang Dibutuhkan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Untuk Peneliti Berikutnya, Diharapkan Lebih Memahami Langkah Kegiatan Model Think Pair Share Agar Pembelajaran Berjalan Lancar Dan Berhasil.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunuddin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Civics, Legislation, Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 06:05
Last Modified: 21 Jun 2016 06:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5181

Actions (login required)

View Item View Item