PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING BAGI SISWA KELAS V SD 2 HADIPOLO KUDUS

Nailul Muzakky, Muhammad Roim (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING BAGI SISWA KELAS V SD 2 HADIPOLO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (528kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menginovasikan Model-Model Pembelajaran, Siswa Lebih Meningkatkan Semangat Dalam Mengikuti Pembelajaran, Dan Pihak Sekolah Sebaiknya Memberikan Dukungan Dan Kesempatan Kepada Guru Dengan Mengadakan Pelatihan Dan Menjelaskan Program-Program Pelatihan Untuk Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menguasai Metode Atau Model Pembelajaran Yang Inovatif Sehingga Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Snowball Throwing Bagi Siswa Kelas V SD 2 Hadipolo Kudus. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. (2) Santoso, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Pkn, Model Snowball Throwing, Peraturan Perundang-Undangan Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Menemukan Peningkatan Keterampilan Guru, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Contoh Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat Dan Daerah Pada Kelas V SD 2 Hadipolo Kudus. Hasil Belajar Pkn Merupakan Hasil Yang Berupa Kemampuan Dalam Domain Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Domain Kognitif Berupa Hasil Akademik Siswa Berupa Nilai, Domain Afektif Berupa Penanaman Taat Pada Peraturan Perundang Undangan, Domain Psikomotorik Berupa Kemampuan Dalam Bekerjasama Dengan Kelompoknya Dan Kemampuan Berbicara Saat Di Depan Kelas. Snowball Throwing Merupakan Salah Satu Model Pembelajaran Yang Mengarahkan Perhatian Siswa Terhadap Materi Yang Disampaikan Melalui Pembelajaran Kelompok Dan Permainan Sehingga Siswanya Aktif. Peraturan Perundang-Undangan Merupakan Semua Peraturan Tertulis Yang Memuat Norma Hukum Dibentuk Oleh Lembaga Negara Atau Pejabat Yang Berwenang Dan Mengikat Secara Umum Melalui Prosedur Yang Telah Ditetapkan. Hipotesis Tindakan Penelitian Ini Yakni Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SD 2 Hadipolo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Pada Kelas V SD 2 Hadipolo Kudus Dengan Subjek Penelitian 27 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yakni Perencanaan, Pelaksanaan Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Yakni Model Snowball Throwing. Sedangkan Variabel Terikatnya Yakni Hasil Belajar Pkn. Instrumen Penelitian Ini Yakni Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Pembelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Meningkat Disetiap Siklus. Persentase Keterampilan Guru Siklus I Rata-Rata Klasikal Yakni 63,54 % Dengan Kriteria Cukup Dan Meningkat Pada Siklus II Rata-Rata Klasikal Menjadi 83,32 % Dengan Kriteria Baik. Sedangkan Persentase Aktivitas Belajar Aspek Afektif Siklus I Rata-Rata Klasikal Yakni 64,35% Dengan Kriteria Cukup, Kemudian Meningkat Pada Siklus II Rata-Rata Klasikal Menjadi 81,25% Dengan Kriteria Baik. Persentase Aktivitas Belajar Aspek Psikomotorik Pada Siklus I Rata-Rata Klasikal Yakni 62,40% Dengan Kriteria Cukup, Kemudian Meningkat Pada Siklus II Rata-Rata Klasikal Menjadi 81,38% Dengan Kriteria Baik. Persentase Ketuntasan Hasil Belajar Aspek Kognitif Pada Prasiklus Yakni 44,4% Dengan Kriteria Cukup, Kemudian Setelah Dilakukan Penelitian Siklus I Menjadi 59,26% Dengan Kriteria Cukup Dan Meningkat Pada Siklus II Menjadi 88,89% Dengan Kriteria Sangat Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V SD 2 Hadipolo Kudus Dapat Disimpulkan Bahwa Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Mata Pelajaran Pkn Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Siswa Dapat Meningkat. Peneliti Menyarankan Agar Guru Hendaknya Dapat Mata Pelajaran Pkn Dapat Dilaksanakan Dengan Menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Moh. KANZUNNUDIN, M. Pd
Kata Kunci: : Learning outcomes of Civic Education, Snowball Throwing, The government legacy
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jun 2016 06:22
Last Modified: 21 Jun 2016 06:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item