PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD 2 PEGANJARAN BAE KUDUS

WAHYU NUGROHO, SIGIT (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD 2 PEGANJARAN BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (493kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (372kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (386kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD 2 Peganjaran Bae Kudus. Hasil Belajar Merupakan Nilai Dari Proses Belajar Yang Telah Dicapai Oleh Siswa Dengan Kriteria Tertentu. Hasil Belajar Siswa Pada Dasarnya Adalah Perubahan Pada Diri Siswa Atau Tingkatan Tingkatan Kemampuan Siswa Baik Itu Perubahan Perilaku Yang Mencakup Bidang Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Model Pembelajaran Numbered Heads Together Merupakan Variasi Dari Diskusi Kelompok Atau Penomoran Berfikir Bersama. Tujuan Dari Numbered Heads Together (NHT) Adalah Memberi Kesempatan Kepada Siswa Untuk Saling Berbagi Gagasan Dan Mempertimbangkan Jawaban Pembelajaran Dengan Model Numbered Heads Togther Terdiri Dari 4 Tahap. Tahap 1: Penomoran, Tahap 2: Mengajukan Pertanyaan, Tahap 3: Berpikir Bersama, Tahap 4 Menjawab. Hasil Belajar Pkn Adalah Perubahan Kemampuan Siswa Berupa Pencapaian Hasil Dari Proses Belajar. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Dikelas IV SD 2 Peganjaran Bae Kudus Dengan Subjek Penelitian Yaitu Guru Sebagai Peneliti Dan Siswa Berjumlah 16, Terdiri Atas 12 Siswa Laki-Laki Dan 4. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Numbered Heads Together Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Kuantitatif (Statistik Deskriptif) Dan Kualitatif (Interaktif). Hasil Yang Diperoleh Dari Penelitian Tindakan Kelas Ini Meliputi Hasil Belajar Dengan Persentase Siklus I Sebesar 70% Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Menjadi 80% Adapun Afektif Dan Psikomotorik Siswa Diperoleh 74,16 Pada Siklus I Dengan Kriteria Baik Dan Meningkat Menjadi 76,87% Pada Siklus 2 Dengan Kriteria Baik. Berdasarkan Hasil Tersebut Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Numbered Heads Togetherdapat Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD 2 Peganjaran Bae Kudus. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Hendaknya Siswa Dapat Lebih Aktif Dalam Mengikuti Pembelajaran Serta Model Numbered Heads Togetherdapat Dijadikan Alternatif Solusi Bagi Guru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: DRS. mASTURI, M.M
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Numbered Heads Together.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 06:34
Last Modified: 21 Jun 2016 06:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item View Item