Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Jigsaw 1 Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Sidorekso Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

Kusuma Ningtyas, Adelya (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Jigsaw 1 Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Sidorekso Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (438kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (540kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (145kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (35kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (29kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Dan Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perekembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw 1 Pada Kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus. Hasil Belajar Adalah Perubahan Perilaku Yang Diperoleh Siswa Setelah Mengalami Proses Belajar Yang Dilihat Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor. Model Pembelajaran Jigsaw Merupakaninovasi Dalam Pembelajaran Karena Dalam Model Pembelajaran Jigsaw Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kelompok, Serta Mampu Membangun Percaya Diri Yang Tinggi Pada Siswa, Sebab Model Pembelajaran Ini Mengaitkan Materi Yang Diajarkan Dengan Suatu Masalah Dalam Lingkungan Sekitar. Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Adalah Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Tekonologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Jigsaw Pada Kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus.. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus Dengan Subjek Penelitian 29 Siswa Dan Guru Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Duapertemuan. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Jigsaw, Sedangkan Variabel Terikatnya Yaitu Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi. Metode Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran,Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Hasil Belajar Di Bagi Menjadi Tiga Ranah Yaitu Ranah Afektif, Psikomotorik Dan Ranah Kognitif. Peningkatan Tersebut Dibuktikan Dalam Guru Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Ke Siklus II Dari Presentase 76,13% Menjadi 85,22% Dengan Kriteria Baik Menjadi Sangat Baik. Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Meningkat Dengan Presentase Rata-Rata Siklus I 56,5% (Cukup) Dan Meningkat Pada Siklus II 75,44% (Baik). Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siswa Meningkat Dengan Rata-Rata Presentase Siklus I 61,04% (Cukup) Dan Meningkat Pada Siklus II 77,67% (Baik). Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Juga Meningkat Dengan Presentase Ketuntasan Prasiklus 62,06% (Rendah). Pada Siklus I 68,96% (Rendah) Dan Pada Siklus II Menjadi 89,65% (Tinggi).Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus. Simpulan Dalam Penelitian Tindakan Kelas Ini Yaitu Penerapan Model Jigsawdapat Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Afektif, Psikomotorik, Dan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Di Kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus.Disarankan Kepada Guru Dapat Memberikan Kesempatan Kepada Siswa Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Dan Kreativitas Siswa Sesuai Dengan Kemampuan Siswa Tersebut.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Social Studies, Jigsaw 1.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 06:48
Last Modified: 21 Jun 2016 06:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5185

Actions (login required)

View Item View Item