PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD 4 KEDUNGCINO JEPARA

Norva Izah, Diyah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD 4 KEDUNGCINO JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (589kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (341kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (374kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (162kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Izah, Diyah Norva. 2015. Penerapan Model Pembelajatan Example Non-Example Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 4 Kedungcino Jepara. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd, (II) Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Example Non-Example, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi SD 4 Kedungcino Jepara Setelah Menerapkan Model Example Non-Example. Model Pembelajaran Example Non Example Merupakan Model Yang Menggunakan Media Gambar Dalam Penyampaian Materi Pembelajaran Yang Bertujuan Mendorong Siswa Untuk Berpikir Kritis Dengan Jalan Untuk Memecahkan Permasalahan Yang Tergandung Dalam Contoh-Contoh Gambar, Yang Terdiri Dari Tahap 1 : Mempersiapkan Gambar, Tahap 2: Menempel Gambar, Tahap 3: Menganalisis Gambar, Tahap 4: Diskusi Kelompok, Tahap 5: Presentasi, Tahap 6: Penjelasan Mataeri, Tahap 7: Kesimpulan. Sedangkan Hasil Belajar IPS Adalah Hasil Atau Penilaian Yang Diterima Oleh Siswa Dari Proses Pembelajaran IPS Yang Telah Berlangsung Dan Diterima Pada Saat Proses Pembelajaran Selesai Dengan Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komnikasi Dan Transportasi Bagi Siswa Kelas IV SD 4 Kedungcino Jepara. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 4 Kedungcino Jepara Dengan Subjek Penelitian Guru Dan 20 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Metode Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Observasi, Tes, Catatan Lapangan Dan Dokumentasi Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Memperoleh Persentase 72%Dengan Kualifikasi Baik Dan Siklus 2 Memperoleh Persentase 83% Dengan Kualifikasi Baik, Nilai Hasil Belajar Ranah Kognitif Siklus 1 Memperoleh Ketuntasan Klasikal 75% Dan Siklus 2 Sebesar 85%, Nilai Persentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus 1 Sebesar 69% Dan Siklus 2 Sebesar 81%, Nilai Persentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siklus 1 Sebesar 73% Dan Siklus 2 Sebesar 78%. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 4 Kedungcino Jepara. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 4 Kedungcino Jeparadapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Untuk Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Diharapkan Lebih Aktif Dan Memusatkan Perhatian Selama Pembelajaran Di Kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Example Non Example Model, Students’ Achievemnt In Social Studies.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 07:19
Last Modified: 21 Jun 2016 07:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item