PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SD 1 TUMPANGKRASAK KUDUS

USFAH, ATHMINATUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SD 1 TUMPANGKRASAK KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (427kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini yakni (1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi di SD 1 Tumpangkrasak, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA pada materi struktur bumi di SD 1 Tumpangkrasak. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dimaksudkan dalam penelitian ini yakni model pembelajaran yang menekankan kepada pemberian pengalaman langsung kepada siswa yang belum berpengalaman belajar dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPA kelas V SD 1 Tumpangkrasak Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1 Tumpangkrasak Kudus dengan subyek penelitian peneliti sebagai guru dan 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran IPA materi struktur bumi. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA ranah kognitif siswa pada materi struktur bumi yang signifikan antara siklus I (73,92%), dan siklus II (91,30%), didukung dengan hasil belajar ranah sikap siklus I 71,73% (tinggi) menjadi 82,06% (sangat tinggi) pada siklus II, dan hasil belajar ranah keterampilan siklus I 71,35% (tinggi) menjadi 83,61% (sangat tinggi) siklus II. Keterampilan mengajar guru dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing juga mengalami peningkatan pada siklus I 78,26% (tinggi) menjadi 90,76% (sangat tinggi) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi struktur bumi siswa kelas V SD 1 Tumpangkrasak Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Tumpangkrasak Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi struktur bumi siswa kelas V SD 1 Tumpangkrasak Kudus. Disarankan siswa dapat aktif dalam pembelajaran, meningkatkan kepercayaan diri, dan kerjasama dalam kelompok. Dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, guru harus memberi permasalahan yang berkaitan dengan pengalaman siswa agar lebih mudah dipahami. Peneliti yang akan datang diharapkan dapat menyusun perencanaan pembelajaran yang matang agar diperoleh hasil yang optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar IPA, Struktur Bumi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 08:24
Last Modified: 21 Jun 2016 08:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item