Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Model Student Facilitator And Explaining Kelas Iv Sd 02 Lau Dawe Kudus

SURYANI, DIAN DWI (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Model Student Facilitator And Explaining Kelas Iv Sd 02 Lau Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (605kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (482kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (519kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (161kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterampilan guru dalam menggunakan model Student Facilitator and Explaining pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. (2) Untuk mengetahui model Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. (3) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan model Student Facilitator and Explaining. Model Student Facilitator and Explaining adalah model pembelajaran dimana peserta didik mempresentasikan ide atau pendapat pada temannya, bertujuan untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan meningkatkan penguasaan materi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Lau dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Student Facilitator and Explaining. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa soal evaluasi, lembar wawancara, lembar observasi guru dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan guru mengajar dari rata-rata 75,28% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 87,5% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Adanya peningkatan pemahaman konsep matematika dari rata-rata kelas pada siklus I 76,75 menjadi 81,09 pada siklus II dan ketuntasan klasikal naik dari 70,59% pada siklus I menjadi 82,35% pada siklus II. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata 65,44% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 75,62% dengan kriteria baik pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD 2 Lau Dawe Kudus. Saran dari peneliti yaitu dalam menerapkan model Student Facilitator and Explaining, guru harus menyampaikan materi yang jelas dan konkret, agar siswa lebih memahami konsep matematika yang dipelajari dan memberikan kesempatan siswa yang sama untuk menjelaskan kembali kepada teman-temannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Student Facilitator and Explaining, Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 01:31
Last Modified: 22 Jun 2016 01:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5194

Actions (login required)

View Item View Item