PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS) MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD N 4 HADIPOLO

RAMADHAN, SIGIT PRAMULA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS) MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD N 4 HADIPOLO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (809kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (412kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (631kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (267kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (325kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS Melalui Model STAD (Student Team Achievment Divisions) Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Siswa Kelas V SD N 4 Hadipolo. Hasil belajar merupakan identifikasi atau akibat dari adanya kemampuan melakukan sesuatu hal. Hasil belajar dapat dilihat melalui kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan tingkat kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran STAD adalah model pembelajaran yang diterapkan untuk menguji pemahaman konsep siswa secara berkelompok dengan suasana yang menyenangkan. Dalam penelitian ini model STAD diterapkan dalam materi IPS perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok secara heterogen kemudian diberikan tugas dan guru mendampingi, kemudaian setelah selesai mengerjakan salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya serta guru memberi penghargaan baik individu maupun kelompok yang aktif berpartisipasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD N 4 Hadipolo dengan subjek 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievment Divisions). Adapun variabel terikat Hasil Belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS kelas V menunjukkan peningkatan hasil belajar, dan pengelolaan pembelajaran guru setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 37,5% dengan rata-rata 68,33, meningkat pada siklus I menjadi 45,8% dengan rata-rata 73,5, dan pada siklus II meningkat menjadi 70,9% dengan rata-rata 76. Hasil belajar siswa siklus I pada ranah afektif memperoleh skor rata-rata 2,69 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 2,83 dengan kriteria baik dan pada ranah psikomotorik meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 2,65 meningkat menjadi 2,80. Pengelolaan pembelajaran guru siklus I memperoleh skor rata-rata 3,11 dengan kriteria sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,27 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N 4 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 4 Hadipolo Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan guru menggunakan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar agar siswa dapat belajar dengan baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, STAD (Student Team Achievment Divisions)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 01:41
Last Modified: 22 Jun 2016 01:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item View Item