SARI , ERY LIANA (2015) Penerapan Model Think Pair Share Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd 1 Sidomulyo Demak. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (129kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Think Pair Share Berbasis Lingkungan. 2).Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD 1 Sidomulyo Demak dengan penerapan model Think Pair Share Berbasis Lingkungan. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar sebagai bukti keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Model Think Pair Share merupakan salah satu bentuk Model pembelajaran kooperatif secara berpasangan yang memberi peserta didik waktu untuk berpikir, merespon, serta saling membantu satu sama lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD 1 Sidomulyo yang berjumlah 15 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share, sedangkan variabel terikat yaitu meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD 1 Sidomulyo Demak. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dilakukan dalam empat pertemuan dengan dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara guru, keterampilan mengajar guru, tes, serta dokumentasi. Dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar pengamatan afektif, lembar pengamatan psikomotorik, dan soal tes pilihan ganda. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 ke siklus 2, dari 66,66% menjadi 86,67%. Nilai rata-rata tes evaluasi juga meningkat dari 72,06 menjadi 82,73. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh skor rata-rata 76,72% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I memperoleh skor rata-rata 66,52 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 74,10% dengan kriteria baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 84,09 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 88,63% dengan kriteria sangat baik (2) hasil pengamatan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran pada siklus I mendapat persentase 77,26 dengan kriteria baik dan meningkat di siklus II dengan persentase 88,63% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD 1 Sidomulyo. Peneliti menyatakan bahwa upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran IPS, guru sebaiknya menyajikan pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan lebih bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya dengan model Think Pair Share sebaiknya dapat membimbing setiap karakter siswa dengan tepat untuk memahami dan menyelesaikan masalah, serta peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperlihatkan waktu pengelolaan pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar IPS, Lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 02:02 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 02:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5197 |
Actions (login required)
View Item |