Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas Iv Sd 1 Gondangmanis Kudus

Cholifah, Nofia Tri Yasdi Noor (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas Iv Sd 1 Gondangmanis Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (388kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (164kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model example non examplepada mata pelajaran IPS kelas IV SD 1Gondangmanis. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SD 1 Gondangmanis melalui penerapan model example non example. Hasil belajar IPS merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar sebagai bukti keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Model example non examplemerupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Model ini mengharuskan siswa untuk berfikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang termuat dalam gambar-gambar yang disajikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD 1 Gondangmanis yang berjumlah 21 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model example non example, sedangkan variabel terikat yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPS. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam empat pertemuan dengan dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara guru, observasi aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru, tes, serta dokumentasi. Dengan instrumen penellitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan soal tes pilihan ganda. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model example non example pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator keberhasilan (1) keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus 1 memperoleh nilai 84,38 dengan kualifikasi baik dan siklus 2 memperoleh nilai 90,63 dengan kualifikasi sangat baik, (2) aktivitas siswa penilaian ranah afektif pada siklus 1 memperoleh nilai 76,07 dengan kualifikasi baik dan siklus 2 memperoleh nilai 81,07 dengan kualifikasi baik, sedangkan aktivitas siswa penilaian ranah psikomotorik siklus 1 memperoleh nilai 73,60 dengan kualifikasi baik dan siklus 2 memperoleh nilai 83,27 dengan kualifikasi baik, (3) hasil belajar ranah kognitif siklus 1 memperoleh ketuntasan klasikal 76% dan siklus 2 sebesar 90% dengan nilai rata-rata siklus I 74,52 dan siklus II dengan nilai rata-rata 79,52. Simpulan penelitian penerapan model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gondangmanis Kudus. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa hendaknya lebih terbuka atau bertanya terhadap guru apabila mengalami kesulitan ketika mempelajari materi supaya mengerti, guru SD lebih mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran, sekolah hendaknya lebih mengoptimalkan kepada guru-guru untuk lebih kreatif dan inovatif dan pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana dalam pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Example non example
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 02:12
Last Modified: 22 Jun 2016 02:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5198

Actions (login required)

View Item View Item