PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)BERBANTUAN MEDIA PETAMATERI KEUTUHAN NKRI PADASISWA KELASV SD N 3 PANJANGKUDUS

SARI , EMYLIA YUNITA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)BERBANTUAN MEDIA PETAMATERI KEUTUHAN NKRI PADASISWA KELASV SD N 3 PANJANGKUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (927kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (570kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (534kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (132kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (133kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar dalam meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran PKn siswa kelas V di SD 3 Panjang Kudus, (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V melalui model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar di SD 3 Panjang Kudus, (3) Untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa kelas V SD 3 Panjang Kudus dengan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar Hasil belajar adalah hasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan siswa dari pengalaman yang diperoleh melalui hasil belajar PKn meliputi aspek pengetahuan (kognitif), (afektif), dan (psikomotorik). Model pembelajaran think talk write adalah model pembelajaran yang menekankan siswa untuk melatih keterampilan/skill yang dimiliki oleh siswa di dalam menulis, berpikir secara kritis, mengkomunikasikan hasil pemikirannya, maupun berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 3 Panjang Kudus dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 16 siswa. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan di setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian pada setiap siklusnya terdiri dari perencaanan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dengan penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru meningkat. Pada siklus I memperoleh rata-rata 48,5 dengan persentase sebesar 75,78% kategori berhasil, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 57 dengan persentase sebesar 89,6% kategori sangat baik. Aktivitas siswa ranah afektif meningkat, pada siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 206,5 dengan persentase sebesar 64,59% kategori baik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata skor sebesar 237,5 dengan persentase 74,22% kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa ranah psikomotorik meningkat, pada siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 214 dengan persentase 66,70% kategori baik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata skor sebesar 262,5 dengan persentase 82% dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar kondisi awal siswa ketuntasan klasikal sebesar 37,5% dengan rata-rata nilai 68,15 kategori cukup, meningkat pada siklus I menjadi 75% dengan rata-rata nilai 73,12 kategori baik dan pada siklus II menjadi 87,5% dengan rata-rata nilai 80,62 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD 3 Panjang Kudus. Saran yang dapat disampaikan, diharapkan guru harus terus berusaha meningkatkan hasil belajar PKn salah satunya dengan menerapkan model think talk write berbantuan media gambar yang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Panjang Kudus pada mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Think Talk Write, Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 02:28
Last Modified: 22 Jun 2016 02:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item