Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Materi Koperasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 1 Loram Kulon

MUKAROMAH, LAILATUL (2016) Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Materi Koperasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 1 Loram Kulon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (835kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (568kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (636kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (261kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi koperasi dengan menggunakan model Make A Match berbantuan media Puzzle (2) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi. Model pembelajaran Make A Match merupakan model yang menekankan pembelajaran dalam kelompok yang saling bekerjasama dan membantu satu sama lainnya. Puzzle merupakan alat permainan edukatif yang dapat mendorong siswa aktif, kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari mata pelajaran di sekolah. Koperasi adalah kumpulan orang-orang untuk melaksanakan kerjasama, gotong royong berdasarkan bekerja untuk memajukan kepentingan ekonomi. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Make A Match berbantuan media Puzzle materi koperasi guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Loram Kulon. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Loram Kulon dengan subjek penelitian 21 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dan media Puzzle. Sedangkan, variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis deskriptif pada data kuantitatif dan analisis deskriptif pada data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar siswa pada materi koperasi yang cukup signifikan antara pra siklus (42,86%), siklus I (66,67%), dan siklus II (85,72%). Dan Hasil belajar afektif siswa hanya meningkat 15% yaitu pada siklus I (60%) kategori cukup, dan siklus II (75%) kategori baik. Sedangkan, hasil belajar psikomotorik siswa hanya meningkat 16,23% yaitu pada siklus I (62,30%) kategori cukup, dan siklus II (78,53%) kategori baik. Serta adanya hasil peningkatan pada keterampilan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match berbantuan media Puzzle pada siklus I 76% (Baik) dan meningkat menjadi 90,51 (sangat baik) di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas IV SD 1 Loram Kulon dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi baik ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi. Adapun saran dalam penelitian ini, yaitu guru hendaknya menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dan senang dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Sehingga, mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Media Puzzle, Hasil Belajar, Materi Koperasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 02:48
Last Modified: 22 Jun 2016 02:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item