PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI BERBALAS PANTUN KELAS IV

RACHIM, RYNALDI SETYA (2015) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI BERBALAS PANTUN KELAS IV. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (319kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (49kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (34kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara materi berbalas pantun siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Numbered Head Together pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. Model Numbered Head Together adalah model pembelajaran yang membantu siswa agar lebih aktif dalam proses belajar dan dengan penerapannya memberikan siswa tanggung jawab agar siswa berani dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu keterampilan berbicara materi berbalas pantun, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Numbered Head Together pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Numbered Head Together, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara materi berbalas pantun kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara materi berbalas pantun, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan berbicara materi berbalas pantun siklus I 65% meningkat menjadi 90% pada tes keterampilan menulis puisi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 63,5 menjadi 77,25 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berbalas pantun pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 88,56 dengan kriteria “sangat tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 66,37 dengan kriteria “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 82,34 dengan kriteria “sangat tinggi”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara materi berbalas pantun, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model Numbered Head Together dalam meningkatkan keterampilan berbicara materi berbalas pantun pada pembelajaran bahasa Indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar. Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif,khususnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, Keterampilan Berbicara, Berbalas Pantun.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 02:49
Last Modified: 22 Jun 2016 02:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5202

Actions (login required)

View Item View Item