Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Kudus

Hakim, Azkiyatun Nufus (2015) Penerapan Model Examples Non Examples Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (754kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (365kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (543kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (140kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerakan model Examples Non Examples berbasis keunggulan lokal dan menemukan peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus. Kualitas pembelajaran IPS merupakan hasil belajar sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Examples Non Examples merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran IPS yang menekankan pada proses diskusi, kerjasama, berfikir kritis untuk menganalisis sebuah permasalahan melalui gambar dan hasilnya dipresentasikan di depan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Examples Non Examples, sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran IPS yang berbasis keunggulan lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal pada pembelajaran IPS yang cukup signifikan antara siklus I (72,25%) dengan kategori tinggi (baik), pada siklus II (83,3%) dengan kategori sangat tinggi (sangat baik). Hasil belajar IPS siswa kelas IV tentang koperasi (ranah kognitif) juga mengalami kenaikan, pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I menjadi 67,9% (baik). Pada siklus II 85,71% (sangat baik), yang didukung oleh peningktan ranah afektif, siklus I mendapat 67,3% (baik) dan siklus II meningkat 81,53% (sangat baik) dan didukung oleh ranah psikomotor, pada siklus I mendapat 67,64% (baik) dan siklus II meningkat 82,08% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model examples non examples berbasis keunggulan lokal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi koperasi siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus. Untuk itu dalam pembelajaran IPS guru disarankan menerapkan model examples non examples, yang dalam penerapannya menggunakan media gambar-gambar yang mengarah pada pemahaman konsep IPS berbasis keunggulan lokal agar siswa dapat mengembangkan daya berfikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples, Kualitas Pembelajaran IPS, Keunggulan Lokal
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 02:58
Last Modified: 22 Jun 2016 02:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5204

Actions (login required)

View Item View Item