Penerapan Model Snowball Throwing Bermedia Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Surodadi Kedung Jepara

SARI, PRICILIA ZEINITA (2015) Penerapan Model Snowball Throwing Bermedia Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Surodadi Kedung Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (506kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (167kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA yang meliputi kognitif, psikomotorik dan afektif serta bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing bermedia audiovisual. Model Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan dalam membuat dan menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif. Media audio visual adalah media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Surodadi Kedung Jepara dengan subjek penelitian 24 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua sampai tiga pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Snowball Throwing, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPA. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA dan keterampilan mengajar guru meningkat pada setiap siklusnya. Hasil belajar IPA pada ranah kognitif siswa pada prasiklus mendapat rata-rata sebesar 58,28 dengan ketuntasan klasikal 40%, siklus I meningkat menjadi rata-rata sebesar 72,7 dengan ketuntasan klasikal 70,83%, dan siklus II lebih meningkat menjadi rata-rata sebesar 80,3 dengan ketuntasan klasikal 95,8%. Hasil belajar IPA pada ranah psikomotorik silus I memperoleh total skor sebesar 334, persentase 70% dengan kualifikasi baik dan siklus II meningkat menjadi 388 persentase 80,2% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar IPA pada ranah afektif siklus I memperoleh total skor sebesar 344, persentase 71,2% dengan kualifikasi baik dan siklus II meningkat menjadi 388 persentase 80,7% dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh total skor 50, persentase 69% dengan kualifikasi baik, siklus II total skor meningkat menjadi 61, persentase 84,7% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Surodadi Kedung Jepara dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing bermedia audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, psikomotorik dan afektif pada mata pelajaran IPA serta keterampilan mengajar guru. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPA dan hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing bermedia audiovisual sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat merangsang siswa agar mau belajar. Bagi sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru-guru agar aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan guru, baik dari materi pelajaran maupun model pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Media Audiovisual, Sumber Daya Alam.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 03:07
Last Modified: 22 Jun 2016 03:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item