Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Materi Energi Panas Dan Bunyi Melalui Model Numbered Head Together Disertai Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas Iv Sdn 4 Soco Dawe Kudus

ROHMAN, FAISAL ARIF (2015) Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Materi Energi Panas Dan Bunyi Melalui Model Numbered Head Together Disertai Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas Iv Sdn 4 Soco Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (710kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (971kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (727kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (402kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (258kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan penerapan model Numbered Head Together dan menemukan peningkatan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam materi energi panas dan bunyi kelas IV SDN 4 Soco Dawe Kudus tahun ajaran 2013/2014. Prestasi belajar ilmu pengetahuan alam adalah perubahan sikap dan kecerdasan siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dari aspek kognitif dan perubahan aktivitas siswa selama pembelajaran yang dibuktikan oleh skor hasil pengukuran yang kemudian dinyatakan dalam angka. Numbered Head Together adalah model pembelajaran yang menekankan pada kelompok belajar, dimulai dengan penomoroan/ kepala bernomor (Numbering Head) dan memecahkan masalah secara bersama-sama (Together). Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah model Numbered Head Together dapat meningkatkan prestasi belajar, kinerja guru dalam pembelajaran dan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi siswa kelas IV SDN 4 Soco Dawe Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Soco Dawe Kudus dengan subjek penelitian 6 siswa. penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar kognitif siswa diperoleh rata-rata nilai siklus I sebesar 70 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 79 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 83%. Kinerja guru pada siklus I memperoleh skor total 151 dengan persentase sebesar 67% mendapat kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor total 179 persentase 79,9% mendapatkan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 62,05% dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,05% dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Soco Dawe Kudus. Dengan demikian model Numbered Head Together layak diterapkan pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam, perlu diperhatikan dalam penerapannya model Numbered Head Together cukup memakan waktu, untuk itu diperlukan persiapan yang matang agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Prestasi Belajar, Energi Panas dan Bunyi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 03:16
Last Modified: 22 Jun 2016 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5206

Actions (login required)

View Item View Item