Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah Melalui Model Quantum Teaching Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iv Sdn 03 Piji

HIDAYATI, NAILI (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah Melalui Model Quantum Teaching Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iv Sdn 03 Piji. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (595kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (365kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (577kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (615kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (207kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah, (2)untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah, (3)untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah pada siswa kelas IV SDN 03 Piji. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi dalam diri siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Perubahan dialami secara keseluruhan artinya perubahan bukan hanya terjadi pada aspek kognitif saja melainkan aspek yang harus diukur yakni aspek sikap (afektif) dan ketrampilan( psikomotorik). Sedangkan IPS merupakan ilmu yang membahas hubungan antar manusia dengan lingkungannya. Lingkungan dimana anak tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari masyarakat, diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Kajian materinya adalah Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah yaitu membahas kegiatan ekonomi yang terjadi sesuai dengan keadaan potensi daerah.Quantum Teaching adalah model pembelajaran yang menerapkan langkah TANDUR yakni Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan. Sedangkan Audio Visual adalah alat yang mengandung 2 jenis unsur yakni unsur pendengaran dan unsur penglihatan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Piji dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Quantum Teaching dengan media Audio Visual. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru dari pada siklus I (71%) dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II mencapai (83%). Selanjutnya pada aktivitas siswa yang juga meningkat pada siklus I (75%) dan meningkat lagi pada siklus II (79%). Peningkatan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak hasil belajar IPS siswa ranah kognitif yang juga meningkat pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah yang cukup signifikan antara prasiklus mencapai skor (45%) siklus I (75%) dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II (90%). Selain mengalami peningkatan pada ranah kognitif, peningkatan juga terjadi pada ranah afektif dan psikomotorik. Ranah afektif pada siklus I mencapai skor (71%) selanjutnya mengalami peningkatan lagi pada siklus II (78%). Pada ranah psikomotorik pada siklus I mendapat skor (73%) dan pada siklus II meningkat lagi mencapai (78%). .Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah kelas IV SDN 03 Piji. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 03 Piji dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah kelas IV SDN 03 Piji. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media Audio Visual, guru harus mendatangkan pengalaman-pengalaman siswa sebelumnya yang sudah mereka dapat dalam kehidupan sehari-hari kedalam penemuan baru terkait materi dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Quantum Teaching, Audio Visual.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 03:33
Last Modified: 22 Jun 2016 03:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item