PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI KELAS IV SD 4 TEMULUS

MUNA, NAILAL (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI KELAS IV SD 4 TEMULUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (681kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (162kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Problem Solving berbantuan permainan Puzzle dan menemukan peningkatan keterampilan mengajar guru serta hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi kelas IV SD 4 Temulus Problem Solving merupakan salah satu model pembelajaran yang memusatkan masalah sebagai bahan dalam pembelajaran dan siswa dilatih untuk memecahkan sendiri masalah tersebut. Permainan Puzzle adalah salah satu permainan yang berupa teka-teki dan dimainkan dengan cara bongkar pasang menyatukan potongan-potongan agar membentuk sebuah gambar atau tulisan yang telah ditentukan. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi pada diri siswa setelah mengikuti proses belajar-mengajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Temulus dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Problem Solving berbantuan permainan Puzzle. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa pada materi perubahan kenampakan bumi yang cukup signifikan antara hasil pra siklus (35,29%), hasil siklus I (58,82%) dan siklus II (76,47%), didukung dengan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan model Problem Solving berbantuan permainan Puzzle pada siklus I 72,32% (tinggi) menjadi 83,84% (sangat tinggi) siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I 70.87% (tinggi) menjadi 77.76% (tinggi) siklus II dan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 69.22% (tinggi) menjadi 78.67% (tinggi) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Problem Solving berbantuan permainan Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan kenampakan bumi kelas IV SD 4 Temulus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Temulus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Solving berbantuan permainan Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada materi perubahan kenampakan bumi kelas IV SD 4 Temulus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Permainan Puzzle, Hasil Belajar, Perubahan Kenampakan Bumi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 03:26
Last Modified: 22 Jun 2016 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5208

Actions (login required)

View Item View Item