PENINGKATAN PEMBELAJARAN Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE(TPS) SISWA KELAS IV SDN 03 BUWARAN JEPARA

LAILA, SAIDAH NAJMUL (2016) PENINGKATAN PEMBELAJARAN Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE(TPS) SISWA KELAS IV SDN 03 BUWARAN JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (943kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (451kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (166kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dan keterampilan guru, dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) materi Globalisasi pada siswa kelas IV SDN 3 Buwaran Jepara. .Hasil belajar yang dimaksud di dalam penelitian ini yakni siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran, pembelajaran tidak terpusat pada guru. Model pembelajaran Think Pair Share(TPS)adalah model diskusi kelompok yang menghendaki siswa bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain, yang terdiri dari langkah 1: Think( Berpikir), langkah 2: Pair (Berpasangan), langkah 3: Share ( Berbagi). Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan terjadi peningkatan keterampilan guru di dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Buwaran Jepara.Subjek penelitian ini adalah 26 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share (TPS), sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru dan ketuntasan hasil belajar materi Globalisasi.Keterampilan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 87% (Sangat baik) dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 93% (sangat baik). Siklus I hasil belajar PKn siswa aspek kognitif pada siklus I 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%.Hasil belajar PKn ranah afektif siswa siklus I mencapai persentase 82% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 88% (sangat baik).Hasil belajar PKn aspek psikomotorik siswa siklus I 89% (Sangat baik) dan siklus II meningkat menjadi 94% (sangat baik). Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan pembelajaran guru dan hasil belajar PKn baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas IV SDN 3 Buwaran Jepara tahun 2014/2015. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Think Pair Share (TPS), guru hendaknya mengaitkan materi ajar dengan dunia nyata siswa. Agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berdampak pada hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, ModelPembelajaran Think Pair Share.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 03:44
Last Modified: 22 Jun 2016 03:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item