Penerapan Model Make A Matchuntuk Peningkatan Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Wergu Wetan

Deviana, Oky Firda (2016) Penerapan Model Make A Matchuntuk Peningkatan Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Wergu Wetan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (126kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab 5) - Accepted Version
Download (218kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmemperolehmendeskripsikanketerampilan Guru Danhasilbelajar IPS Denganditerapkannya Model Make A Match Di SD 1 Werguwetan Kudus Padamaterikenampakanalam. Hasilbelajarmerupakantingkatkeberhasilansiswa Yang Didapatkansetelahadanya Proses Pembelajaran Yang Berlangsungselamawaktutertentu Yang Biasanyameliputiketigaaspekyaitukognitif, Afektifdanpsikomotorikdimanasetelahsiswamelakukan Proses Pembelajaranmakaakandidapatkanketerampilanatauperilakubaru. Make A Matchmerupakan Model Pembelajarandimanasiswamencaripasangansambilmempelajarisuatukonsepatautopiktertentudalamsuasanabelajar Yang Menyenangkan. Hipotesistindakan Yang Diajukanyaknipenerapan Model Make A Matchdapatmeningkatkanketerampilan Guru Dalammengelolapembelajaran IPS Denganmenggunakan Model Make A Matchdanterdapatpeningkatanhasilbelajar IPS Melalui Model Make A Match. Penelitiantindakankelasdilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Werguwetan Kudus Dengansubjekpenelitianpenelitian 30 Siswa. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiriatasempattahapyakniperencanaan, Pelaksanaan, Observasidanrefleksi. Variabelbebasyakni Model Make A Matchadapun Variable Terikatadalahhasilbelajar IPS Siswakelas IV SD 1 Werguwetan. Instrumenpenelitianiniadalahyakniwawancara, Observasi, Tesdandokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanbelajarklasikal (Kognitif) Padamaterikenampakanalam Yang Cukupsignifikanantarakondisiawal (53%), Siklus I (66,67%), Dansiklus II (90%). Hasilbelajarranahafektifsecaraklasikalpadasiklus I Memperolehpersentasekeberhasilanmencapai 60,2% Dengankriteriacukup. Sedangkansiklus II Meningkatmenjadi 88,4% Dengankriteriasangatbaik. Adapunhasilbelajarpsikomotoriksiswasecaraklasikalpadasiklus I Memperolehpersentasekeberhasilanmencapai 64,43% Dengankriteriabaik. Sedangkansiklus II Meningkatmenjadi 91,94% Dengankriteriasangatbaik.Adapunketerampilan Guru Padasiklus I Memperolehskorskor Rata-Rata 58,22% Dengankriteriabaikdansiklus II Memperolehskor Rata-Rata 86,18% Dengankriteriasangatbaik. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas Yang Dilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapan Model Make A Matchdapatmeningkatkanpembelajaran IPS Siswakelas IV SD 1 Werguwetan. Adapun Saran Yang Diberikanyakni Guru Dapatmenggunakan Model Pembelajaranmake A Matchsebagaialternatif Model Dalampembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match , Hasilbelajar IPS, Kenampakanalam
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 03:47
Last Modified: 22 Jun 2016 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item