Deviana, Oky Firda (2016) Penerapan Model Make A Matchuntuk Peningkatan Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Wergu Wetan. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Download (218kB) |
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmemperolehmendeskripsikanketerampilan Guru Danhasilbelajar IPS Denganditerapkannya Model Make A Match Di SD 1 Werguwetan Kudus Padamaterikenampakanalam. Hasilbelajarmerupakantingkatkeberhasilansiswa Yang Didapatkansetelahadanya Proses Pembelajaran Yang Berlangsungselamawaktutertentu Yang Biasanyameliputiketigaaspekyaitukognitif, Afektifdanpsikomotorikdimanasetelahsiswamelakukan Proses Pembelajaranmakaakandidapatkanketerampilanatauperilakubaru. Make A Matchmerupakan Model Pembelajarandimanasiswamencaripasangansambilmempelajarisuatukonsepatautopiktertentudalamsuasanabelajar Yang Menyenangkan. Hipotesistindakan Yang Diajukanyaknipenerapan Model Make A Matchdapatmeningkatkanketerampilan Guru Dalammengelolapembelajaran IPS Denganmenggunakan Model Make A Matchdanterdapatpeningkatanhasilbelajar IPS Melalui Model Make A Match. Penelitiantindakankelasdilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Werguwetan Kudus Dengansubjekpenelitianpenelitian 30 Siswa. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiriatasempattahapyakniperencanaan, Pelaksanaan, Observasidanrefleksi. Variabelbebasyakni Model Make A Matchadapun Variable Terikatadalahhasilbelajar IPS Siswakelas IV SD 1 Werguwetan. Instrumenpenelitianiniadalahyakniwawancara, Observasi, Tesdandokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanbelajarklasikal (Kognitif) Padamaterikenampakanalam Yang Cukupsignifikanantarakondisiawal (53%), Siklus I (66,67%), Dansiklus II (90%). Hasilbelajarranahafektifsecaraklasikalpadasiklus I Memperolehpersentasekeberhasilanmencapai 60,2% Dengankriteriacukup. Sedangkansiklus II Meningkatmenjadi 88,4% Dengankriteriasangatbaik. Adapunhasilbelajarpsikomotoriksiswasecaraklasikalpadasiklus I Memperolehpersentasekeberhasilanmencapai 64,43% Dengankriteriabaik. Sedangkansiklus II Meningkatmenjadi 91,94% Dengankriteriasangatbaik.Adapunketerampilan Guru Padasiklus I Memperolehskorskor Rata-Rata 58,22% Dengankriteriabaikdansiklus II Memperolehskor Rata-Rata 86,18% Dengankriteriasangatbaik. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas Yang Dilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapan Model Make A Matchdapatmeningkatkanpembelajaran IPS Siswakelas IV SD 1 Werguwetan. Adapun Saran Yang Diberikanyakni Guru Dapatmenggunakan Model Pembelajaranmake A Matchsebagaialternatif Model Dalampembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Make A Match , Hasilbelajar IPS, Kenampakanalam |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 03:47 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 03:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5212 |
Actions (login required)
View Item |