PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATA PELAJARAN Pkn MATERI PENGARUH GLOBALISASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 2 PURWOREJO

IZZA, NAILI NURUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATA PELAJARAN Pkn MATERI PENGARUH GLOBALISASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 2 PURWOREJO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (405kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (424kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (139kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 2 Purworejo, untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran PKn kelas IV SD 2 Purworejo, dan meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn kelas IV SD 2 Purworejo. Model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) merupakan model pembelajaran yang dapat menuntun siswa untuk aktif serta mendidik siswa pada proses pembentukan nilai. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Purworejo dengan subjek penelitian yaitu guru dan 13 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa (ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik), aktivitas belajar dan keterampilan guru setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 23,07% dengan rata-rata 62,53, meningkat pada siklus I menjadi 53,84% dengan rata-rata 71,62, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61% dengan rata-rata 78. Pada hasil belajar ranah afektif, terjadi peningkatan dari siklus I rata-rata mencapai 70% (Baik) menjadi 78,50% (Baik). Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I rata-rata 70% (Baik) naik menjadi 83% (Baik). Aktivitas belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 65% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 72,91% (Baik). Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 72,91% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 86,45% (Sangat Baik). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan guru. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya yaitu model pembelajaran Value Clarification Technique.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Value Clarification Technique, Hasil Belajar, PKn, Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 03:53
Last Modified: 22 Jun 2016 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item