Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014

Mukarromah, Al (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (288kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi.Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Muria Kudus.Dosen Pembimbing(1) Dr.Murtono, M.Pd; (2) Henry Suryo Bintoro, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Metode Role Playing Latar Belakang Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Rendahnya Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa. Nilai Pra Siklus Kelas Menunjukkan 27 Siswamemperoleh Nilai Di Bawah KKM Dari 44 Siswa Kelas V SDN 1 Bategede Nalumsari Jepara.Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa, Pengelolaan Pembelajaran Guru, Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Bategede Nalumsari Jepara. Menulis Merupakan Sarana Untuk Mengungkapkan Ide Pikiran Maupun Perasaan Melalui Bahasa Tulis. Metode Role Playing Merupakan Sistem Perencanaan Untuk Memilih, Mengorganisasikan, Dan Menyajikan Materi Pelajaran Melalui Dramatisasi Yang Mengekspresikan Sikap Dan Karakter Yang Diperankan Oleh Siswa Sehinggadapat Meningkatkanketerampilan Menulis Siswa.Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Adalah Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa, Pengelolaan Pembelajarn Guru, Dan Aktivitas Belajar Siswa Yang Signifikan Dengan Diterapkannya Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bategede Nalumsari Jepara. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas V SDN 1 Bategede Nalumsari Jepara Dengan Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Dua Pertemuan.Variabel Bebas Adalah Metode Pembelajaran Role Playing. Sedangkan Variabel Terikatnya Adalah Adalah Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Berupaobservasi,Wawancara,Dokumentasi, Dan Tes.Instrumen Penelitian Ini Berupa Pedoman Wawancara, Lembar Observasi, Dan Soal Tes. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Data Kuantitatif Dan Data Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Terdapat Peningkatan Ketuntasan Keterampilan Menulis Siswa Yangcukup Signifikan Antara Hasil Prasiklus (38,63%), Hasil Siklus I (59,09%) Dan Hasilsiklus II (75%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Darisiklus I Dengan Skor Rata-Rata 19 (Cukup Baik) Menjadi 28 (Baik) Di Siklus II.Pengelolaan Pembelajaran Juga Mengalami Peningkatan Dari Rata-Rata Skor Siklus I Sebesar 39,5 (Cukup Baik) Menjadi 56 (Baik) Pada Siklus II. Simpulan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Metode Pembelajaran Role Playingdapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia SDN 1 Bategede Nalumsari Jepara. Berpijak Dari Penelitian Ini, Peneliti Menyarankan Antara Lain; Bagi Siswa: Pada Saat Mengikuti Proses Pembelajaran, Hendaknya Siswa Memperhatikan Dengan Sungguh-Sungguh Dan Terlibat Aktif Dalam Proses Pembelajaran. Bagi Guru : Apabila Mengalami Permasalahan Pembelajaran Yang Identik Seperti Yang Peneliti Hadapi, Guru Dapat Menerapkan Metode Pembelajaran Yang Inovatif Misalnya Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playingdan Menggunakan Media Yang Bervariasi Sebagai Alat Untuk Menarik Perhatian Siswa Dengan Tetap Mengoptimalkan Pembelajaran Di Kelas. Bagi Sekolah: Sekolah Hendaknya Menyediakan Sarana Dan Prasarana Yang Diperlukan Untuk Memperlancar Proses Pembelajaran, Termasuk Media-Media Pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Writing Skill, Role Playingmethod
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 04:15
Last Modified: 22 Jun 2016 04:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item