Penerapan Model Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pantunkelas Iv Sdn Padangan Winong Pati Tahun Ajaran 2014/2015

Ofti Pradipta, Riska (2015) Penerapan Model Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pantunkelas Iv Sdn Padangan Winong Pati Tahun Ajaran 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (523kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (230kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Membaca Pantun Kelas IV SDN Padangan Winong Pati. Hasil Belajar Merupakan Hasil Yang Dicapai Siswa Sebagai Bukti Keberhasilan Dalam Proses Belajar Mengajar. Student Team Achievement Division Adalah Merupakan Salah Satu Strategi Pembelajaran Kooperatif Yang Di Dalamnya Beberapa Kelompok Kecil Siswa Dengan Level Kemampuan Akademik Yang Berbeda-Beda Saling Bekerja Sama Untuk Menyelesaikan Tujuan Pembelajaran. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Penerapan Model STAD Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengajar Membaca Pantun Di Kelas IV SDN Padangan Kecamatan Winong Pati, (2) Penerapan Model STAD Dapat Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Membaca Pantun Di Kelas IV SDN Padangan Kecamatan Winong Pati Dalam Proses Pembelajaran, (3) Penerapan Model STAD Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membaca Pantun Di Kelas IV SDN Padangan Kecamatan Winong Pati. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SDN Padangan Winong Pati Dengan Subjek Penelitian 20 Siswa. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Yaitu Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Student Team Achievement Division. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Membaca Pantun. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Keterampilan Guru Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I Skor Yang Diperoleh Sebesar 2,78 (Baik), Dan Siklus II Sebesar 3,34 (Sangat Baik). Selanjutnya Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Ke Siklus II. Siklus I Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa Pertemuan 1 Mencapai 57,25% (Cukup), Kemudian Untuk Pertemuan 2 Mencapai 59,63% (Cukup). Padasiklus II Pengamatan Aktivitas Siswa Pertemuan 1 Mencapai 67,75% (Baik) Dan Pertemuan 2 Mencapai 71,5% (Baik). Selain Itu Juga Didukung Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Ranah Afektif Pada Siklus I Pertemuan 1 Sebesar 47,5% (Sedang) Menjadi 59,25% (Sedang) Pada Pertemuan 2. Selanjutnya Hasil Belajar Siswa Ranah Psikomotorik Siklus I Pertemuan 1 Sebesar 32,67% (Rendah) Kemudian Pada Pertemuan 2 Naik Menjadi 46,60% (Sedang). Pada Siklus II Pertemuan 1 Hasil Belajar Ranah Afektif Sebesar 60,50% (Tinggi) Menjadi 67,50% (Tinggi) Pada Pertemuan 2. Selanjutnya Untuk Ranah Psikomotorik Siklus II Pertemuan 1 Sebesar 68,74% (Tinggi) Menjadi 75,53% (Tinggi) Pada Pertemuan 2.Hasil Belajar Siswa Membaca Pantun Mencapai Nilai Rata-Rata KKM >75 Yaitu 78,29 (Siklus I) Dan 80,49 (Siklus II). Hasil Penelitian Hasil Belajar Bahasa Indonesia Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (65%), Dan Siklus II (90%). Hal Ini Membuktikan Bahwa Penerapan Model STAD Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Dan Hasil Belajar Siswa Membaca Pantun Kelas IV SDN Padangan Winong Pati. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Di Kelas IV SDN Padangan Winong Pati Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model STAD Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Mengajar, Aktivitas Siswa, Dan Hasil Belajar Siswa Membaca Pantun. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model STAD, Guru Harus Memberikan Pertanyaan-Pertanyaan Yang Mengarah Pada Tahapan Model STAD Agar Siswa Dapat Lebih Aktif, Kreatif, Dan Menyenangkan Dalam Mengembangkan Daya Berpikirnya Serta Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
Kata Kunci: : Student Team Avhievement Division, Results Learn To Read, Pantun
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:24
Last Modified: 22 Jun 2016 04:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item